Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kementerian Perdagangan (Situs Kemendag)

Kementerian Perdagangan (Situs Kemendag)

Didominasi Produk Impor, Kemendag Dorong Pengembang Gim Lokal Tingkatkan Akses Pasar

Sabtu, 25 Juni 2022 | 10:53 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

BANDUNG, investor.id – Kementerian Perdagangan bersama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) menggelar In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022.

Acara ini berlangsung sejak 23 Juni 2022 dan akan ditutup pada 26 Juni 2022 di Pusat Perbelanjaan Cihampelas Walk, Bandung, Jawa Barat.

Advertisement

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses pasar dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan industri gim.

“Festival gim perdana yang dikembangkan oleh pengembang lokal ini menjadi kebanggaan karena dapat mendorong kemajuan produk lokal untuk sektor jasa,” ujar Oke dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut.

Oke mengungkapkan, sektor jasa, khususnya gim di Indonesia didominasi produk impor dengan nilai pemanfaatan masyarakat Indonesia sebesar US$ 2 miliar pada 2021. Dari nilai tersebut, pemanfaatan gim dari pengembang lokal hanya sebesar US$ 2 juta. Namun demikian, dalam lima tahun terakhir tren pemanfaatan gim lokal terus mengalami peningkatan secara signifikan.

“Hal ini menjadi tantangan bagi pengembang lokal untuk terus melakukan inovasi dan masyarakat Indonesia harus meningkatkan penggunaan gim lokal dengan bangga,” ungkap Oke.

Oke menambahkan, pertumbuhan ekonomi mempunyai empat pilar, yaitu konsumsi domestik, investasi, pengeluaran pemerintah, serta ekspor dan impor. Pertumbuhan ekonomi Indonesia didominasi konsumsi domestik sebesar hampir 60%. 

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dijaga melalui konsumsi domestik, salah satunya dengan produk jasa seperti gim. Produk dalam negeri yang berkontri besar dalam pasar domestik, secara tidak langsung akan membangun kedaulatan bangsa. Diharapkan melalui kegiatan ini, produk Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Mari kita bangga buatan Indonesia,” pungkas Oke.

Sebagai catatan, In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022 menempati area seluas 400 m2 dan  mempromosikan 15 gim terkurasi pada platform ponsel dan komputer dari pengembang dan penerbit lokal. 

Peserta festival yaitu Joyseed Gametribe dengan gim Rocky Rampage, Agate (Memories – Otome Stories), Bang Ideas (Battle of Satria Dewa), Grinsmile Studios (Don't Step On Me), Anantarupa Studios (Lokapala), Gambir Game Studio (Selera Nusantara: Chef Restaurant Cooking), Educa Studio (Marbel: Kebiasaan Baru), Algorocks (Grammarian), Mojiken Studio (Ultra Space Battle Brawl), Tahoe Games (Rising Hell), XELO Games (Escape From Naraka), Digital Happiness (DreadHaunt), Toge Productions (Coffee Talk), Twin Hearts (Kitaria Fables), dan Rolling Glory Jam (Rage in Peace). 

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Ida Rustini berharap kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing gim lokal. “Selain mempromosikan dan memperkuat branding gim lokal, diharapkan kegiatan ini menjadi media dalam memfasilitasi gim lokal agar lebih dikenal dan digunakan masyarakat luas sehingga mampu bersaing dengan gim asing dan menjadi tuan rumah di negara sendiri,” tambah Ida.  

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : -

BAGIKAN