Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Proyek Pelabuhan Patimban tahap I di Subang, Jawa Barat

Proyek Pelabuhan Patimban tahap I di Subang, Jawa Barat

3 Desember, Kemenhub Uji Coba Bongkar Muat Kendaraan di Pelabuhan Patimban

Senin, 30 November 2020 | 16:50 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan uji coba bongkar muat kendaraan di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat pada Kamis (3/12/2020).

Adapun pada hari ini, Senin (30/11/2020), Kemenhub mengadakan table top exercise uji coba bongkar muat Pelabuhan Patimban di Jakarta dengan melibatkan seluruh stakeholders.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, table top exercise uji coba bongkar muat Pelabuhan Patimban ini dilaksanakan guna memantapkan persiapan uji coba di lapangan.

"Table top ini dilaksanakan untuk merancang komunikasi. Jadi satu kerja besar, karena tanpa komunikasi yang baik membuat kita suka kehilangan kendali. Keselamatan jadi domain kemenhub dan menjadi satu panglima yang harus dilakukan," ujar Budi dalam sambutannya pada table top exercise uji coba bongkar muat Pelabuhan Patimban.

Budi menuturkan, Pelabuhan Patimban adalah salah satu proyek strategis nasional yang disiapkan untuk mendukung kemajuan ekonomi nasional. Soft launching pelabuhan ini akan dilaksanakan dalam dan rencananya dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Budi, pada tahap 1, terminal kendaraan Pelabuhan Patimban berkapasitas 218.000 kendaraan. Selain itu, Pelabuhan Patimban diperkuat dengan terminal kontainer yang baru akan mulai beroperasi terbatas pada Februari 2021.

"Pada awalnya kita membangun untuk car terminal, tetapi pada Feburari ada container terminal yang dijalankan di sana. Jadi pada Februari atau Maret sudah mulai terminal kontainer namun belum dalam kapasitas besar. Ini menunjukan kami berhati-hati, prosesnya bertahap. Ini diikuti profesionalitas," imbuh Budi.

Dia mengatakan, Pelabuhan Patimban adalah proyek jangka panjang sehingga pada 2027 kapasitasnya mencapai 7,5 juta twenty foot equivalent unit (TEUs) per tahun untuk kontainer dan 600.000 unit kendaraan per tahun.

Pelabuhan Patimban, ujar Budi, harus dikolaborasikan dengan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta sehingga daya saing logistik nasional bisa kita terangkat.

"Oleh karenanya kolaborasi Tanjung Priok dan Patimban jadi keharusan. Memang bukan pekerjaan mudah, tapi harus kita laksanakan dan saya yakin bisa," jelas Menhub.

 

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN