Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Penandatanganan SSA (Share Subscription Agreement) antara Strategic Partner dengan PT Terregra Asia Energy Tbk (Foto: Dokumen TGRA)

Penandatanganan SSA (Share Subscription Agreement) antara Strategic Partner dengan PT Terregra Asia Energy Tbk (Foto: Dokumen TGRA)

3 PLTMH Terregra (TGRA) Efektif Dapat Pembiayaan, Nilai Investasi Rp 1,2 Triliun

Rabu, 11 Mei 2022 | 09:23 WIB
Frans S. Imung (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Perusahaan pembangkit listrik berbasis energi terbarukan, PT Terregra Asia Energy Tbk (TGRA) akan segera merealisasikan rencana ground breaking 3 proyek PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Microhydro). Aksi korporasi ini diharapkan sudah bisa direalisasikan sebelum akhir Juni tahun ini, dengan target penyelesaian konstruksi selama 24 bulan.

“Total estimasi investasi untuk 3 PLTMH tersebut diindikasikan mencapai Rp 1,2 triliun atau USD 85,12 juta,” ujar Chief Financial Officer sekaligus Corporate Secretary TGRA, Daniel Tagu Dedo.

Baca juga: PTPP Cetak Pertumbuhan Pendapatan di Atas 50% per Kuartal I-2022

Kepastian rencana investasi diperoleh setelah TGRA dan tiga anak usaha pengelola mencapai kesepakatan dengan investor internasional yang menjadi strategic partner. Proses due diligence dengan investor strategis sudah berlangsung sejak April 2021 hingga Januari 2022. Proses ini didampingi salah satu firma hukum internasional, yang dibantu afiliasinya di Indonesia.

Kesepakatan dengan investor internasional sebagai strategic partner dicapai pada akhir Januari 2022. Kesepakatan dengan investor strategis menjadi salah satu prasyarat untuk memasuki tahapan realisasi rencana pembiayaan.

Baca juga: Investree Group Akuisisi 18,4% Saham Bank Amar

Setelah tercapai kesepakatan dengan investor strategis, pemegang saham perseroan menugaskan Direktur Utama TGRA Djani Sutedja dan direksi 3 anak usaha untuk menindaklanjuti hasil kesepakatan. Salah satu mandat pemegang saham dalam kaitan dengan investor strategis adalah menindalanjuti rencana penerbitan saham baru pada 3 anak.

“Untuk sementara nama investor strategis belum bisa kami buka. Sedangkan porsi saham yang diterbitkan untuk investor tersebut sebesar 50% dari saham existing pada masing-masing anak perusahaan. Sehingga komposisi saham akan menjadi 50% untuk new investor dan 50% existing shareholders,” ujar Daniel Tagu Dedo kepada investor.id.

Hydro power plant TGRA
Hydro power plant TGRA

Sementara itu, rencana pembangunan 3 pembangkit PLTMH yang menelan biaya sekitar Rp 1,2 triliun terletak di wilayah Sumatera Utara. Tiga pembangkit dimaksud meliputi PLTMH SISIRA dengan kapasitas 2x4.9MW, PLTMH Batang Toru-3 berkapasitas 2x5MW, dan PLTMH Batang Toru-4 berkapasitas 2x5MW.

Setelah pembangunan, menurut Daniel Tagu Dedo, sumbangan dari 3 pembangkit baru sebesar 29,8 MW. Adapun 3 PLTMH pertama yang segera dibangun ini merupakan bagian dari 5 proyek PLTMH di Propinsi Sumatera Utara dan 2 proyek PLTA di Propinsi Nanggroh Aceh Darusalam dengan total kapasitas 510,8MW.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN