Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pintu gerbang Ancol. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Pintu gerbang Ancol. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

300 Orang Bersih-bersih Pantai Ancol

Damiana Simanjuntak, Minggu, 18 Agustus 2019 | 14:40 WIB

JAKARTA, investor.id - Setidaknya 300-an orang diantaranya berasal dari komunitas BUMN, Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta, Madrasah Aliyah Pembangunan Jakarta, dan masyarakat umum terpantau telah hadir dan mulai mengumpulkan sampah-sampah di salah satu sisi Pantai Timur kelurahan Ancol, Jakarta. Pada hari Minggu siang, 18 Agustus 2019, dalam rangka kegiatan bersih-bersih pantai dan laut, Menghadap Laut 2.0.

Kegiatan tersebut dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Digelar bersama oleh Pandu Laut Nusantara, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Yayasan EcoNusa. Kegiatan tahunan ini digelar kedua kalinya setelah tahun 2018, yang diharapkan dapat membangun kesadaran bangsa Indonesia bahwa laut adalah masa depan bangsa.

Rencananya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dijadwalkan hadir dalam kegiatan ini. Setelah bersih-bersih pantai, dijadwalkan Menteri Susi akan memimpin peserta di seluruh lokasi menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

Secara nasional, kegiatan ini digelar di 106 titik, ditambah 5 sungai, dari Sabang sampai Merauke. Menurut panitia Menghadap Laut 2.0, lokasi bersih-bersih laut dan pantai bertambah dari rencana semula hanya 74 titik, sesuai angka tahun kemerdekaan Indonesia. Menyusul tingginya antusiasme masyarakat.

Dalam kegiatan kali ini, relawan bersih-bersih laut mengumpulkan sampah yang dibedakan dalam 9 kategori. Yakni, soft plastic seperti sachet, kresek, styrofoam, dan sedotan plastik. Kategori hard plastic berupa botol plastik, pipa dan gelas minuman plastik, dan kotak, kategori kertas, kategori karet seperti ban dan selang, kategori tekstil seperti baju, tas, jaring ikan, kategori kayu olahan, kategori kaleng seperti aluminium, kaleng minuman, metal, kategori sampah B3 seperti korek api, botol semprotan dan elektronik bekas, serta kategori kaca dan keramik.

Peserta kegiatan memilah dan mengumpulkan sampah sesuai kategori dan memasukkannya ke karung tersedia. Kemudian, melaporkan ke panitia dan menimbang sampah yang terkumpul.

Menurut Ketua Pandu Laut Nusantara Bustar Maitar, pada tahun 2018, kegiatan Menghadap Laut digelar di 100-an titik, melibatkan sekitar 50 ribuan orang.

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Brahmantya Satyamurti Poerwadi menambahkan, kegiatan Menghadap Laut tahun 2018 berhasil membersihkan 360 ribu ton sampah dari laut.

Secara total, kegiatan bersih-bersih laut tahun 2017, kata dia, berhasil membersihkan 28.777,5 ton sampah dari laut. Dan, tahun 2018 total sebanyak 366.549,92 ton.  

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN