Menu
Sign in
@ Contact
Search
Desi Anwar (foto: Facebook)

Desi Anwar (foto: Facebook)

Y20 SUMMIT INDONESIA 2022

Kawula Muda Harus Ikut Atasi Tantangan Global

Senin, 18 Juli 2022 | 17:34 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor - Kawula  muda harus turut berpartisipasi mengatasi berbagai tantangan global, salah satunya melalui KTT Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 Summit. Beragam tantangan sedang mengadang dunia saat ini, dari pandemi Covid-19, transisi energi, transformasi digital, resesi ekonomi, krisis pangan dan energi, perang Rusia-Ukraina, hingga perubahan iklim dan pemanasan global.

Jurnalis senior, Desi Anwar memaparkan, tantangan transisi energi dan transformasi digital turut menjadi fokus G20, di mana Indonesia menjadi presidensi forum kerja sama multilateral 19 negara tersebut. Tantangan global lainnya adalah resesi ekonomi, krisis pangan dan energi, serta perang Rusia-Ukraina.

"Ini adalah masa-masa yang sangat menantang. Tapi tantangan yang sangat nyata dihadapi seluruh planet ini yaitu perubahan iklim atau pemanasan global," kata Desi Anwar saat menjadi moderator Power Lunch Y20 Summit Indonesia 2022 di Shangri-La Hotel, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Menurut dia, semua tantangan tersebut perlu ditangani secara fokus dan bersifat jangka panjang. Anak muda di seluruh dunia memiliki lebih banyak investasi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

"Bagaimana pun juga, planet ini milik Anda semua. Anda adalah pewaris planet ini. Saya pikir, penting bagi kaum muda di seluruh dunia untuk membuat suara mereka didengar agar pandangan dan pendapat mereka diperhitungkan lebih dari sebelumnya guna mengambil peran," tegas Desi.

Karena itu, Desi Anwar berharap generasi muda dapat memanfaatkan pertemuan Y20 Summit untuk bersatu dan menjadi panutan bagi pihak-pihak lain, termasuk orang dewasa dan negara yang saat ini bertanggung jawab terhadap keberlangsungan planet.

Desi menilai, Y20 adalah bagian yang sangat penting dari kegiatan G20. Apalagi acara ini turut menghadirkan diskusi pemimpin-pemimpin muda dari sejumlah BUMN. Pasalnya, BUMN menjadi perusahaan penting, penggerak ekonomi negara. "Saya yakin pemimpin muda bisa termotivasi serta mendapatkan inspirasi. Kita bisa belajar banyak dari satu sama lain," ujar dia.(C02)

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com