Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tokopedia menggelar KPMD di Bali untuk meningkatkan kapabilitas UMKM perempuan di paltform digital. (ist)

Tokopedia menggelar KPMD di Bali untuk meningkatkan kapabilitas UMKM perempuan di paltform digital. (ist)

Kolaborasi Multipihak Tingkatkan Kapasitas UMKM Perempuan di Platform Digital

Kamis, 21 Juli 2022 | 16:33 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Kolaborasi multipihak dapat  membantu peningkatan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perempuan di platform digital. Hal ini dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Sejalan dengan itu, berkolaborasi dengan Kepala Dinas Koperasi & UKM Provinsi Bali dan UMKM Perempuan Perintis (Uprintis), Tokopedia menyelenggarakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) di Quest Hotel San Denpasar, Bali, Kamis (21/7/2022).  Acara ini membahas peluang dan tantangan yang dimiliki wirausaha perempuan, seperti tren peralihan wirausaha perempuan ke penjualan daring, belum termanfaatkannya usaha perempuan dengan baik, fleksibilitas kerja, dan waktu dan perluasan akses pasar.

Selain itu, KPMD membagikan kiat-kiat kepada pelaku UMKM perempuan bagaimana menciptakan bisnis yang mengutamakan pemberdayaan perempuan. Tujuannya agar pelaku UMKM perempuan Bali semakin tangguh dan berdaya di era digital.

“Di Tokopedia, kami berkomitmen dan percaya, setiap pelaku usaha harus memiliki kesempatan yang sama dan setara, terutama bagi perempuan. Kami berharap kegiatan hari ini bisa menjadi awalan yang baik untuk dapat berkolaborasi dan berdiskusi bagaimana kita dapat membangun usaha perempuan lokal ke arah yang lebih positif lagi ke depannya,” ujar Emmiryzan, kepala kebijakan publik dan hubungan pemerintah Tokopedia di acara itu, dikutip dari siaran pers.

Dia menambahkan, Tokopedia juga percaya, perempuan sudah semestinya menjadi garda terdepan dalam pemulihan ekonomi nasional setelah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Tokopedia akan terus memberikan kesempatan untuk perempuan, termasuk yang hadir di acara ini agar dapat mengembangkan bisnis lebih baik lagi dan dapat menumbuhkan semangat “Bali Bangkit” setelah pandemi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Wayan Ekadina meyakini, salah satu cara untuk menggerakkan kembali perekonomian Bali yang terdampak pandemi adalah memaksimalkan potensi UMKM. “Kami berharap lewat KPMD yang diadakan Tokopedia dapat semakin mengasah kemampuan para pelaku UMKM sekaligus meningkatkan kualitas produk, sehingga siap bersaing di pasar nasional maupun internasional,” kata dia.

Novita Hardini, pendiri dan komisaris utama Uprintis turut menambahkan, KPMD yang dilakukan Tokopedia di Bali ini sejalan dengan program Uprintis dalam memberikan akses pendampingan bagi para UMKM perempuan. Harapannya, UMKM perempuan bisa meningkatkan kemampuan berbisnis secara digital, mulai dari promosi, memperluas jaringan bisnis, hingga mengelola keuangan dengan baik.

Peran Tokopedia dalam meningkatkan potensi UMKM di Indonesia, terutama perempuan juga dibuktikan dalam riset yang dipublikasikan oleh LPEM FEB UI pada 2020. Jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat salah satu platform digital yakni Tokopedia, selama pandemi hampir 1,5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Acara KMPD Bali diikuti oleh sekitar 100 UMKM perempuan di provinsi itu.

 

 

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com