Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Apiary Academy dan Mixpanel meluncurkan the State of Product Management in Indonesia 2022 Report, di Jakarta, (19/7/2022). Acara tersebut dihadiri oleh 40 Product Manager dari perusahaan terkemuka di Indonesia.

Apiary Academy dan Mixpanel meluncurkan the State of Product Management in Indonesia 2022 Report, di Jakarta, (19/7/2022). Acara tersebut dihadiri oleh 40 Product Manager dari perusahaan terkemuka di Indonesia.

Survei Apiary Academy: Profesi Product Manager Pilihan Karir Menjanjikan

Minggu, 24 Juli 2022 | 12:49 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Penyedia pelatihan product management di Indonesia, Apiary Academy mengumumkan peluncuran "The State of Product Management in Indonesia 2022 Report".

Laporan survei ini mengungkap tren dalam product management di Indonesia dan memberikan referensi karir bagi calon dan profesional Product Manager di Indonesia.

Advertisement

CEO Apiary Academy and Coworking, Jessica Casey Jaya, menyebutkan, di Indonesia, produk digital telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan pelatihan untuk product management sangat diminati.

“Hasil survei ini menunjukkan bahwa product management adalah bidang yang sedang berkembang tetapi masih baru di Indonesia, oleh karena itu kami berharap dapat membantu para Product Manager di Indonesia untuk terus upskilling dan terupdate dengan praktik product management secara global,” kata Jessica Casey Jaya, dalam keterangan tertulis yang dikutip, Minggu (24/7/2022).

Survei terhadap 101 Product Manager di Indonesia ini mengungkapkan sejumlah fakta, yaitu: 1. Product Management adalah bidang baru di Indonesia – 49% Product Manager Indonesia dalam survei memiliki pengalaman kurang dari 2 tahun, 2. Product Management adalah pilihan karir yang menjanjikan – Product Manager dengan keahlian dan pengalaman yang mumpuni mendapatkan gaji yang menarik. Bahkan, Product Manager dengan pengalaman lebih dari 5 tahun mendapatkan gaji rata-rata Rp 45 juta/bulan.

Selanjutnya, 3. Product Manager Indonesia minim penggunaan tools - 36% Product Manager Indonesia tidak menggunakan tools A/B Testing apa pun, dan hampir 60% tidak menggunakan tools analisis produk. Padahal, penggunaan tools akan membantu Product Manager Indonesia menjadi lebih data-driven, 4. Product Manager Indonesia lebih jarang menganalisa data mereka daripada Product Manager global - Sebagian besar Product Manager Indonesia menganalisa data setiap 1 - 2 minggu, sementara Product Manager secara global biasa melakukan analisis 3 - 5 kali seminggu.

“Survei ini mengungkapkan beberapa temuan menarik, seperti kesenjangan penggunaan data di bidang product management. Setelah bekerja dengan beberapa perusahaan digital terkemuka di Asia dan dunia, kami telah melihat secara langsung bagaimana tools analitik produk dapat membantu Product Manager mengalokasikan prioritas, berinovasi lebih cepat, dan membangun produk yang lebih baik,” imbuh Scott Pugh, Wakil Presiden Regional dan Manajer Umum Mixpanel APAC.

Lebih lanjut dikatakan, temuan ini dan temuan lainnya dari survei tersebut dapat membantu para Product Manager di Indonesia untuk mengidentifikasi area yang memerlukan pengembangan. “Itulah sebabnya Mixpanel secara aktif terlibat dalam komunitas product management untuk berbagi pembelajaran global yang telah kami dapatkan dengan para Product Manager di Indonesia,” pungkas Scott Pugh.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : PR

BAGIKAN