Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo saat peluncuran Panel Harga Pangan di IPB Convention Centre, Rabu, (10/8/2022)

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo saat peluncuran Panel Harga Pangan di IPB Convention Centre, Rabu, (10/8/2022)

Badan Pangan Luncurkan Acuan Harga Bahan Pokok di Indonesia

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:13 WIB
Vento Saudale (redaksi@investor.id)

BOGOR, Investor.id -  Badan Pangan Nasional meluncurkan panel harga pangan yang digunakan sebagai patokan harga bahan pokok di Indonesia. Data harga acuan pangan tersebut akan ditampilkan di panelharga.badanpangan.go.id.

Baca juga: Badan Pangan Nasional dorong penguatan konektivitas pasar

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menuturkan, panel harga pangan suatu metode untuk memperoleh data harga secara periodik dan berkala dari objek yang konstan. Metode ini dapat menggambarkan dinamika perkembangan data harga dalam kurun waktu tertentu dan wilayah tertentu.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh kedeputian bidang ketersediaan dan stabilisasi pangan bersama 415 kabupaten kota dan 34 provinsi sebagai enumerator (penyedia data) "Nantinya, kita mempunyai standar harga bahan pokok yang berlaku di Indonesia," kata Arief, di IPB Convention Centre, Rabu, (10/8/2022) malam.

Kata dia, dengan terbitnya Perpres nomor 66 tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional dan Perkabadan nomor 2 tahun 2022 tentang organisasi dan tata kerja Badan Pangan Nasional.

"Bahwa pengembangan sistem informasi pangan khususnya terkait harga pangan menjadi salah satu fungsi badan pangan nasional," lanjut Arief.

Baca juga: Dilantik Presiden Jokowi, Arief Prasetyo Resmi Menjabat Kepala Badan Pangan Nasional

Arief menyebut, masalah pangan adalah isu strategis yang menjadi perhatian masyarakat dunia. Arahan bapak Presiden Joko Widodo, agar setiap minggu para menteri dan kepala badan rapat bersama beliau, untuk membahas setiap komoditas secara detail. "Oleh karena itu, data akurat sangat diperlukan untuk menghasilkan keputusan-keputusan yang tepa,"paparnya.

Pemantauan harga pangan yang dinamis dan fluktuatif diperlukan sebagai alat deteksi dini, dalam mengantisipasi gejolak akibat naik turunnya harga pangan. "Data harga yang benar dan up to date merupakan salah satu bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan keputusan pemerintah untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan," katanya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com