Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Joko Widodo berpidato pada Sidang Tahunan MPR Tahun 2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

Presiden Joko Widodo berpidato pada Sidang Tahunan MPR Tahun 2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

Joko Widodo: IKN Nusantara Akan Jadi Motor Penggerak Ekonomi Baru

Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:07 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id -Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara harus terus dijaga keberlanjutannya. Menurutnya IKN Nusantara nantinya bukan hanya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) saja tetapi juga untuk inovator dan wirausaha. IKN Nusantara diharapkan akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.

“IKN bukan hanya untuk para ASN, tetapi juga para inovator dan para wirausahawan. Bukan hanya berisi kantor-kantor pemerintah, tetapi juga motor penggerak ekonomi baru,”dalam Sidang Tahunan MPR di Ruang Rapat Paripurna DPR-MPR, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Dia mengatakan, IKN Nusantara tidak hanya menjadi kota biasa, tetapi kota rimba dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia. Kawasan Inti Pusat Pemerintahan memang dibangun oleh APBN, tetapi pemerintah juga akan melibatkan investor swasta untuk ikut terlibat dalam pembangunan IKN Nusantara.

Baca juga: Krisis Masih Hantui Dunia, Jokowi: Eling Lan Waspodo

“80% investasi swasta diundang untuk berpartisipasi,” imbuh Joko Widodo

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengatakan upaya pembangunan IKN Nusantara membutuhkan perencanaan dan manajemen sumber daya yang baik. IKN Nusantara diharapkan akan meningkatkan pemerataan dan menjadi penggerak perekonomian domestik.

Pembangunan IKN dilakukan sejalan dengan amanat dari UU No 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Pembangunan IKN telah menjadi amanat Undang Undang yang akan dilaksanakan sesuai dengan peta jalan serta pentahapan pembangunan, pemindahan, dan penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus Ibu Kota Negara. DPR RI telah memberikan dukungan untuk pembangunan IKN.

Baca juga: Jokowi: Jangan Ada Lagi Politik Identitas!

“IKN Nusantara, diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan, menjadi simbol identitas nasional, dan menjadi kota dunia ideal yang dapat menjadi acuan dunia,” kata Puan.

Dia mengatakan pembangunan IKN Nusantara juga harus dijalankan secara sinergis antar pemangku kepentingan. Pembangunan IKN sangat ditentukan oleh dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan seluruh anak bangsa.

“Diperlukan dukungan seluruh pihak untuk dapat selaras dalam memaknai IKN sebagai agenda kita bersama dalam membangun ekonomi Indonesia masa depan dan momentum dalam melaksanakan paradigma pemerataan pembangunan nasional,” kata dia.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com