Menu
Sign in
@ Contact
Search
IST

IST

KVG Bidik Pertumbuhan dan Perluas Pasar Kenaf di Indonesia

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:07 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Perusahaan Malaysia Kenaf Venture Global (KVG) melakukan kerja sama dengan PT Kenaf Diwana Sanjaya dan Pemerintahan Aceh. Kerja sama tersebut untuk membidik pertumbuhan sekaligus memperluas pengembangan industri kenaf dalam hal teknologi, penelitian, dan pengembangan benih kenaf.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif di bidang ekonomi, masyarakat, dan lingkungan. Pada bidang ekonomi, diharapkan jalinan kerja sama KVG dan Indonesia dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang sedang menggiatkan investasi dari luar dalam rangka mendorong perekonomian yang sempat melambat akibat pandemi Covid-19.

“Tahun ini, kami akan fokus mengembangkan bisnis kenaf di Indonesia dan Asia Tenggara, sebagai batu loncatan. Kami juga memiliki rencana untuk berkontribusi dan mendukung pertumbuhan sosial ekonomi di Indonesia,” Kata CEO of KVG Group, Jazman Shahar Abdollah dalam keterangan resmi, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: Alsintan Dorong Transformasi Perkebunan Tradisional ke Modern

Menurut dia, pihaknya akan secara progresif memberdayakan industri kenaf di tingkat lokal dan internasional dengan cara membuka potensi dan peluang dari hasil panen, serta membuka potensi penuh kenaf dalam inovasi teknologi. Melalui kerja sama ini, KVG ingin memperluas perkebunan hingga 100.000 hektar.

Sementara itu CEO of PT Kenaf Diwana Sanjaya Ikhsan mengatakan, kerja sama dengan KVG membantu perkembangan pertumbuhan kenaf di Indonesia.  "Ini langkah yang bagus untuk pengembangan kenaf di Indonesia," katanya.

Ia juga menilai, tanaman kenaf merupakan tanaman yang dapat menggantikan material yang tidak ramah lingkungan untuk sejumlah industri, seperti otomotif. 

Sementara itu, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Mawardi mengatakan bahwa kerja sama tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif di bidang ekonomi, masyarakat, dan lingkungan Aceh.

Baca juga: Pungutan Ekspor 0%, Begini Imbasnya pada Saham Sektor Perkebunan

Pada bidang ekonomi, kerja sama dengan KVG sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang sedang menggiatkan investasi dari luar dalam rangka mendorong perekonomian yang sempat melambat akibat pandemi Covid-19.

“Pemerintah Aceh mendukung KVG dalam ekspansi industri kenaf di Aceh, khususnya di bidang riset dan pengembangan. Kami sangat menghargai kerja sama ini dan berharap semoga dengan masuknya KVG ke Aceh, akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Aceh,” ujar Mawardi.

Sekedar informasi Kenaf atau Hibiscus Cannabinus yang juga dikenal dengan nama Yute Jawa, adalah tumbuhan kategori serat panjang, yang dapat tumbuh dengan baik di beragam jenis tanah, mulai dari tanah gambut organik hingga tanah gurun berpasir.

Tumbuhan ini pun dapat tumbuh di tanah yang telah terkena banjir, kesuburan rendah, dan jangkauan pH yang luas serta toleransi terhadap kekeringan. Kenaf dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan karung goni, karpet, geotekstil, dan kerajinan.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com