Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pelatihan dan sertifikasi TKK IKN diselenggarakan oleh Kementerian PUPR di Bendungan Sepaku, Semoi, Kalimantan Timur, Sabtu (27/8/2022), yang melibatkan Propan Raya. (ist)

Pelatihan dan sertifikasi TKK IKN diselenggarakan oleh Kementerian PUPR di Bendungan Sepaku, Semoi, Kalimantan Timur, Sabtu (27/8/2022), yang melibatkan Propan Raya. (ist)

Propan Raya Mitra Strategis Jasa Konstruksi IKN

Senin, 29 Agustus 2022 | 14:56 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Propan Raya, perusahaan cat nasional, terpilih menjadi salah satu mitra strategis jasa konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

Seiring dengan itu, perusahaan cat asli Indonesia ini turut terlibat dalam persiapan TKK untuk penyiapan pembangunan infrastruktur IKN.  Sebagai perusahaan milik anak bangsa, merupakan suatu kebanggaan bagi Propan Raya dapat berkolaborasi untuk membangun IKN Nusantara dengan memberikan pelatihan khususnya dibidang teknologi pengecatan. Hal ini dikarenakan sebagus apapun desain, finishing cat memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi tampilan sebuah bagunan.

Direktur Propan Raya Yuwono Imanto memaparkan, Propan Raya siap berkolaborasi dengan Kementerian PUPR untuk memberikan pelatihan terkait pengecatan kepada tenaga kerja konstruksi di IKN.

“Tidak hanya teori yang akan kami ajarkan, melainkan praktek langsung di lapangan, sehingga para TKK dapat menerapkan langsung langsung untuk pembangunan IKN,” ucap Yuwono, Senin (29/8/2022).

Apalagi, kata dia, berbagai produk Propan Raya juga sudah banyak digunakan pada proyek-proyek pemerintahan, mulai pengecatan proyek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Bandara Soekarno Hatta, renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Mesjid Istiqlal, rusun PUPR, berbagai universitas, berbagai sekolah, hingga proyek pengecatan jalan tol.

Propan Raya, kata dia, akan memberikan pelatihan seputar cat tembok, cat kayu, cat besi, dan kebutuhan cat yang disesuaikan dengan pembangunan IKN. Propan Raya juga akan menyediakan modul pelatihan dan instruktur pelatihan yang ahli di bidangnya, sehingga TKK yang menerima pelatihan akan menjadi TKK terampil dalam bidang pengecatan.

Di sisi lain, pelatihan dan sertifikasi TKK IKN diselenggarakan oleh Kementerian PUPR di Bendungan Sepaku, Semoi, Kalimantan Timur, Sabtu (27/8/2022). Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekjen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah, mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono.

Mohammad Zainal Fatah menyatakan, kegiatan tersebut disiapkan agar para pekerja yang sudah ahli diserap Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK). Dengan pekerjaan yang masif membutuhkan tenaga kerja besar. Tenaga kerja di IKN ini orang yang terpilih dengan tersertifikasi," kata dia.

Mohammad Zainal Fatah mengatakan, banyaknya pekerja yang terlibat akan mempercepat penyelesaian pembangunan IKN, khususnya Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). "Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur dapat membangun episentrum ekonomi baru. Jadi, Indonesia bukan hanya Jakarta saja, bukan Jawa saja," imbuh dia.

Kegiatan ini terlaksana berkat sinergi antara Kementerian PUPR dengan mitra strategis jasa konstruksi dalam rangka peningkatan sumber daya jasa konstruksi, serta mendukung pelaksanaan pelatihan sertifikasi kompetensi kerja konstruksi tahap kesatu untuk pembangunan IKN.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com