Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menhub Budi Karya Sumadi mengajak Dubes Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen meninjau Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Jumat (16/9/2022). Foto: Kemenhub

Menhub Budi Karya Sumadi mengajak Dubes Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen meninjau Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Jumat (16/9/2022). Foto: Kemenhub

November, Bandara Kertajati Layani Penerbangan Penumpang

Sabtu, 17 September 2022 | 06:57 WIB
Amrozi Amenan (ros_amrozi@yahoo.com)

JAKARTA, investor.id - Bandara Kertajati tengah bersiap untuk melayani penerbangan penumpang komersial pada November-Desember 2022 mendatang.

“Untuk persiapannya, kami telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai yakni Garuda Indonesia dan Lion Air. Insya Allah untuk pertama ada 4 penerbangan. Pada Desember nanti bertambah menjadi 8 penerbangan. Paling tidak ada 2  penerbangan untuk umroh,” ujar Menhub dalam keterangannya saat meninjau Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (16/9/2022).

Dalam tinjauannya, Menhub mengajak Dubes Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen untuk melihat langsung aktivitas di Bandara Kertajati. Turut hadir Plt. Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono, Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, jajaran Direksi BIJB Kertajati, dan maskapai.

“Sekarang saya menunjukan kepada pak Dubes bahwa Bandara Kertajati juga bersiap untuk meningkatkan konektivitas udara,” ucap Menhub.

Menhub mengatakan, setelah terdampak pandemi Covid-19, Kemenhub bersama para stakeholder penerbangan telah melakukan upaya pemulihan dengan membuka penerbangan komersial dari Bandara Kertajati ke sejumlah daerah seperti: Kalimantan dan Bali.

“Kita juga menunggu tersambungnya jalan tol dari Bandung pada bulan Oktober. Insha Allah pada Desember Bandara Kertajati sudah mulai ramai,” kata Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, Bandara Internasional ini akan semakin lengkap karena saat ini sudah konsisten melayani penerbangan kargo, dan nantinya juga akan dibangun pusat perawatan pesawat (Maintenance, Reparation, Overhaul/MRO).

Kertajati bersama Patimban dan Cirebon merupakan kawasan segitiga di Jawa Barat yang sangat potensial sebagai kawasan industri. “Pengembangan kawasan industri yang akan dilakukan di sini akan memberikan dukungan bagi kinerja Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati,” katanya.

Sebelumnya, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Ditjen Bina Marga, Rabu (14/9/2022), anggota Komisi V DPR RI Mulyadi menyatakan, Bandara Kertajati yang telah dibangun dengan anggaran Rp 2,6 triliun itu dinilai belum dimanfaatkan secara maksimal. Untuk itu, ia minta agar PUPR segera merampungkan proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

“Jalan Tol Cisumdawu ini akan menjadi jalan penghubung ke Bandara Kertajati. Kalau Tol Cisumdawu jadi saya yakin Bandara Kertajati bisa lebih optimal," tandasnya.

Selain dukungan jalan Tol Cisumdawu, menurut dia, upaya untuk memaksimalkan pemanfaatan Bandara Kertajati adalah dengan membangun pusat manasik haji dan umrah di bandara tersebut.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan sekarang proyek Tol  Cisumdawu sedang tahap penyelesaian.

“Kita harapkan akhir Oktober sudah bisa kita operasikan. Itu sampai Cimalaka, jadi lumayan bisa mem-by pass Sumedang, Cadas Pangeran, serta titik kemacetan antara Bandung-Sumedang," tandas Hedy.

Hedy mengatakan, jalan tol sepanjang 61 km itu diharapkan akan dapat mendukung konektivitas akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka. Keberadaan jalan tol tersebut ditargetkan bisa memangkas waktu tempuh Bandung-Kertajati sepanjang 180 km menjadi hanya satu jam.

"Kita harapkan nanti Kertajati dari Bandung membuat travel time (waktu tempuh) tidak lebih dari satu jam," katanya.

Editor : Amrozi (ros_amrozi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com