Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tol Cibitung-Cilincing. (Ist)

Tol Cibitung-Cilincing. (Ist)

Diresmikan Jokowi, Tol Cibitung-Cilincing Didukung Dua Ciri Khas

Selasa, 20 Sep 2022 | 08:59 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKART, Investor.id -  Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan ruas jalan Tol Cibitung-Cilincing yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (20/9/2022), memiliki dua ciri khas. Keduanya adalah transit hub dan konstruksi jembatan melayang.

“Salah satu hal yang unik dari ruas Cibitung-Cilincing adalah keberadaan transit Hub,” kata Danang Parikesit di pintu gerbang tol Gabus, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Hari Ini, Jokowi Resmikan 2 Ruas Jalan Tol bagian JORR 2 dan 3

Transit Hub, lanjut Danang, merupakan modifikasi pengembangan dari konsep rest area logistik. Diharapkan rest area seluas 40 hektar dapat menjadi consolidation center atau pusat konsolidasi dari kontainer yang akan masuk ke Pelabuhan Tanjung priok. Sehingga mampu mempersingkat waktu yang dibutuhkan kontainer sejak dibongkar dari kapal hingga keluar pelabuhan atau dwelling time.

Advertisement

“Ciri khas inilah yang menjadikan ruas Cibitung-Cilincing ini menjadi ruas yang penting dari keseluruhan ruas JORR 2,” ujar Danang Parikesit.

Keunikan lainnya dari ruas tol ini, kata Danang, fitur teknologi konstruksi yang sangat banyak digunakan adalah konstruksi pile slab, sehingga tampak terlihat jalan tol tersebut seperti melayang.

Baca juga: Tol Cibitung-Cilincing akan Tekan Biaya Logistik

“Salah satu fitur teknologi konstruksi di Cibitung-Cilincing adalah sangat banyaknya yang dinamakan kontruksi pile slab untuk tiang-tiang pancang yang ada di ruas ini, yang dikarenakan kondisi tanahnya rawa. Kondisi ini yang membuat pengembangnya baik Pelindo maupun kontraktornya Waskita Karya harus menggunakan teknologi yang pile slab, yang memungkinkan dia itu seolah-olah melayang ya di sepanjang ruas Cibitung-Cilincing ini,” terang Danang Parikesit.

Sebelumnya pada awal April lalu Seksi 2 dan 3 Jalan Tol Cibitung - Cilincing juga telah dilaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) pada tanggal 6-8 April 2022. Kegiatan ULF dilaksanakan sebelum Jalan Tol siap untuk dioperasikan dalam rangka memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan yang ada di ruas Jalan Tol sesuai dengan standar managemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik.

Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang melintas pada wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta terbagi menjadi 4 seksi dengan total panjang keseluruhan mencapai 34,77 Km. Pada tahun 2021 lalu Jalan Tol Cibitung - Cilincing Seksi 1 ruas SS Cibitung – Telaga Asih sepanjang 2,6 Km sudah resmi dioperasikan.

Baca juga: Kementerian PUPR Targetkan 283,15 Km Ruas Jalan Tol Baru Operasional 2022

Saat ini, Seksi Seksi 2 ruas Telaga Asih – Muara Bakti (10,3 km) dan Seksi 3 ruas Muara Bakti-Kanal Banjir Timur (14,35 km) akan diresmikan hari ini.

Kemudian untuk Seksi 4 ruas Tarumajaya - Cilincing (7,52 km) progresnya mencapai 71,79% dan ditargetkan selesai konstruksinya pada akhir tahun 2022.

Jalan Tol Cibitung – Cilincing akan menghubungkan konektivitas kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Selain itu juga memberikan dukungan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

Nantinya Jalan Tol Cibitung - Cilincing dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan khususnya dari wilayah Timur Jakarta menuju Utara Jakarta. Jika sebelumnya dari Cibitung ke Tanjung Priok ditempuh sekitar 1 jam lebih lewat Japek dan tol dalam kota, namun dengan adanya Jalan Tol ini dapat ditempuh hanya setengah jam perjalanan.

Selain itu juga Jalan Tol ini nantinya juga akan terhubung langsung dengan ruas jalan tol lainnya yaitu ruas jalan tol Cimanggis – Cibitung yang saat ini juga tengah dalam penyelesaian konstruksi. Pembangunan Jalan Tol ini dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways dengan total nilai investasi sekitar Rp 12,1 triliun.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com