Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian jalan tol Cibitung - Cilincing sepanjang 27,2 kilometer (km) dan ruas tol Serpong - Balaraja Seksi I sepanjang 5,1 km di

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian jalan tol Cibitung - Cilincing sepanjang 27,2 kilometer (km) dan ruas tol Serpong - Balaraja Seksi I sepanjang 5,1 km di

Presiden Jokowi: Tol Cibitung – Cilincing Percepat Mobilitas Barang dari Kawasan Industri ke Pelabuhan Tanjung Priok

Selasa, 20 Sep 2022 | 10:04 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

BEKASI, Investor.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian jalan tol Cibitung – Cilincing sepanjang 27,2 kilometer (km) dan ruas tol Serpong – Balaraja Seksi I sepanjang 5,1 km di  Gerbang Tol Gabus Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

“Jalan tol Cibitung – Cilincing yang segera diresmikan ini adalah bagian dari JORR 2 dan diharapkan ruas ini akan rampung pada akhir tahun 2023,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Tol Cibitung-Cilincing Didukung Dua Ciri Khas

Hadir pada kesempatan itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Advertisement

Presiden Jokowi mengatakan, jalan tol Cibitung – Cilincing yang membentang sepanjang 27,2 km merupakan jalur yang akan mempercepat mobilitas barang yang dari kawasan -kawasan industri di Bekasi bagian utara serta kawasan-kawasan logistik di Kabupaten Karawang dan Bekasi menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

“Kecepatan ini yang akan mempermudah mobilitas barang. Dan, tentu saja dengan kecepatan itu akan mempercepat daya saing produk Indonesia yang akan diekspor,” jelas Presiden Jokowi.

Baca juga: Kementerian PUPR Targetkan 283,15 Km Ruas Jalan Tol Baru Operasional 2022

Menurut Kepala Negara ruas Cibitung-Cilincing yang pemilik sebelumnya adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk, kini dimiliki  PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau PT Pelindo.

“Kita harapkan jalan tol ini  memberikan pelayanan terhadap truk-truk kontainer, barang-barang yang akan diekspor, maupun barang-barang impor menuju kawasan industri serta kawasan logistik,” ujar Kepala Negara.

Selain itu, ruas tol Cibitung-Cilincing  juga akan mendukung  kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

Baca juga: Kementerian PUPR Tingkatkan Pengawasan Standar Pelayanan Jalan Tol

Nantinya, jalan tol Cibitung - Cilincing dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan, khususnya dari wilayah Timur Jakarta menuju Utara Jakarta. Jika sebelumnya dari Cibitung ke Tanjung Priok ditempuh sekitar 1 jam lebih lewat Japek dan tol dalam kota, namun dengan adanya ruas ini  dapat ditempuh dalam waktu 30 menit perjalanan.

Sementara itu,  keberadaan jalan tol  Serpong – Balaraja Seksi I  yang membentang sepanjang 5,1 km adalah bagian dari JORR 3.

“Ini awal, sehingga nanti JORR 2 dan JORR 3 selesai dari Barat ke Timur dan dari Timur ke Barat, tidak usah melewati tengah Jakarta. Ini yang akan mengurangi kemacetan di DKI Jakarta,” kata Presiden Jokowi.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com