Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Sanny Iskandar

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Sanny Iskandar

Ketum HKI: Kawasan Industri Genjot Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi

Selasa, 20 September 2022 | 14:04 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

CILEGON, investor.id - Jumlah kawasan industri di seluruh Indonesia terus meningkat. Hingga kini, sudah ada 107 kawasan industri yang bergabung dalam Himpunan Kawasan Industri (HKI). Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Sanny Iskandar mengatakan, 107 kawasan industri yang ada saat ini sebagia besar berada di luar pulau Jawa.

“Ini seiring dengan keinginan Bapak Presiden Jokowi yang menginginkan pertumbuhan industri tidak hanya di Pulau Jawa tetapi juga di luar Pulau Jawa. Tujuan utama dari kehadiran kawasan industri pada dasarnya adalah untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Karena itu, kawasan industri yang dirancang saat ini bukan hanya berisikan pabrik tetapi juga sudah dilengkapi dengan kawasan komersial dan juga perumahan,” kata Sanny saat menjadi bintang tamu dalam acara podcast “Sofa Panas” yang diselenggarakan oleh PT Krakatau Sarana Properti dikutip Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Krakatau Sarana Properti Kembali Jadi Tuan Rumah Rakernas HKI di Cilegon

Sanny berharap, seluruh anggota HKI terus mengembangkan dan memperluas kawasan industri di daerahnya masing-masing. Kata ia, jangan sampai ada investor yang ingin berinvestasi tetapi kawasannya belum ada, khususnya infrastruktur penunjang industri.

Selama ini, PLN dan PGN dengan senang hati mendistribusikan listrik dan juga gas ke kawasan industri. Karena, infrastrukturnya sudah ada seperti kabel dan lain-lain.

Baca juga: HKI Raih Penghargaan Inovasi Teknologi dari Kementerian PUPR

“Bisa saja dibangun (pabrik) di luar kawasan tapi itu akan memunculkan banyak masalah, terkait tata ruang, lingkungan dan juga masyarakat sekitar. Karena itu, lebih baik apabila ada investor yang ingin masuk langsung diarahkan ke kawasan industri,” jelas Sanny.

Saat membuka Rakernas HKI beberapa waktu lalu di Convention Hall The Royale Krakatau Hotel, Sanny Iskandar mengungkapkan, eksistensi HKI selama 34 tahun ini telah berkontribusi pada pengembangan industri manufaktur di berbagi wilayah di Indonesia. Katanya, sektor industri manufaktur merupakan salah satu sektor ekonomi yang paling besar kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang rata-rata sekitar 20% per tahun.

Baca juga: Pertamina Fasilitasi UKM Binaan Daftarkan Merek ke HKI

“Pencapaian pertumbuhan KI di daerah-daerah tidak hanya mampu menciptakan berbagai kegiatan ekonomi, akan tetapi mampu meningkatkan pertumbuhan kegiatan sosial, seperti aspek lingkungan dan tata ruang, serta kualitas sumber daya manusia (SDM). Dengan ekonomi yang tumbuh banyak menciptakan berbagai usaha-usaha komersial baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan kegiatan industri manufaktur,” jelas Sanny.

Sanny juga meminta kawasan industri untuk merekrut putra daerah menjadi tenaga kerja. Dengan demikian, kata dia, putra daerah bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan di wilayahnya.

Baca juga: Praktisi HKI Tegaskan Pentingnya Perlindungan Merek Terkenal

“Kawasan Industri juga bisa membantu pemerintah dalam menyerap tenaga kerja. Karena, setiap tahun banyak lulusan kuliah yang tidak bisa terserap di dunia ketenagakerjaan. Di sini lah HKI bisa turut membantu pemerintah di sektor ketenagakerjaan,” ungkap Sanny.

Terkait masalah buruh, ia mengatakan, bukan hanya upah yang menjadi isu utama tetapi juga produktivitas. Di era perdagangan bebas seperti sekarang, lanjutnya, Indonesia tidak hanya bersaing dengan Malaysia, Thailand atau Vietnam tetapi juga dengan Tiongkok dan India.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com