Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi PT Medco Power Indonesia. (Perseroan)

Ilustrasi PT Medco Power Indonesia. (Perseroan)

Medco (MEDC) dan Kansai Electric Kaji Kelayakan Dekarbonisasi Pembangkit Listrik

Kamis, 29 September 2022 | 08:55 WIB
Yunia Rusmalina (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) melalui PT Medco Power Indonesia dan Kansai Electric Power Co Inc telah menandatangani nota kesepahaman untuk studi bersama mengenai kelayakan dekarbonisasi pembangkit listrik di Indonesia.

Berdasarkan informasi dari perseroan, penandatanganan tersebut dilakukan pada Pertemuan Tingkat Menteri yang kedua mengenai kerja sama dan pengembangan energi bersih di Asia yang dilangsungkan di Tokyo, Jepang. Pertemuan tersebut membahas arah transisi energi di Asia serta menggarisbawahi keseimbangan antara aspek ekonomi dan lingkungan.

Baca juga: Setelah Gandeng Foxconn Garap Mobil Listrik, Indika (INDY) Caplok Perusahaan Tambang Bauksit

Menurut manajemen, dengan memanfaatkan pengalaman Medco di sektor migas dan pembangkit listrik serta keahlian Kansai dalam teknologi dekarbonisasi di bidang kelistrikan, diharapkan studi ini dapat menghasilkan kerangka aplikasi dekarbonisasi pembangkit listrik dengan menggunakan CO2 yang ditangkap dan pemanfaatan bahan bakar biomassa untuk co-firing dengan tujuan mengurangi emisi pembangkit listrik di Indonesia.

Presiden Direktur Medco Power Eka Satria menyampaikan, sebagai perusahaan listrik berenergi bersih dan terbarukan terkemuka di Indonesia, Medco Power senantiasa mendukung komitmen Pemerintah Indonesia dalam memitigasi perubahan iklim menuju net zero.

“Kami percaya bahwa carbon capture, storage (CCS), dan co-firing dengan menggunakan biomassa dapat menjadi solusi potensial transisi carbon offset di sektor kelistrikan,” ungkap Eka dalam keterangannya, Rabu (28/9/2022).

Dalam kesempatan yang sama, CEO Medco Energi, Roberto Lorato menambahkan inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen pihaknya dalam mencapai net zero greenhouse atau gas emission untuk lingkup 1 dan 2 pada tahun 2050 serta lingkup 3 pada tahun 2060.

Baca juga: Meski Melesat 110%, Saham Medco (MEDC) Tetap Menjanjikan, Begini Pertimbangannya!

Sebagai informasi Medco Power Indonesia didirikan tahun 2004, Medco Power Indonesia merupakan produsen pembangkit listrik independen terkemuka yang bernaung dalam kelompok usaha Medco Energi. Bergerak di sektor IPP dan O&M, Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas (gross) lebih dari 3,1 GW di 15 lokasi di Indonesia.

Saat ini Medco Power sedang mengembangkan proyek PLTP Ijen di Jawa Timur, proyek PLTS di Bali Barat dan Timur, serta PLTS Sumbawa. Medco Power dimiliki sepenuhnya oleh PT Medco Energi Internasional Tbk (Medco Energi).

Baca juga: Soal IPO Amman Mineral, Bos Medco (MEDC): Masih Ada dalam Rencana

Medco Energi Internasional sendiri adalah perusahaan energi dan sumber daya alam Asia. Medco Energi memiliki tiga segmen bisnis utama, minyak & gas, ketenagalistrikan dan pertambangan tembaga. Medco Energi mengeksplorasi dan memproduksi minyak  dan gas terutama di Indonesia dan memperluas kehadirannya di Asia Tenggara.

Kelompok usaha Medco Energi mengoperasikan pembangkit listrik tenaga gas, panas bumi, dan air di Indonesia melalui Medco Power dan kepemilikan non-konsolidasi di PT Amman Mineral Nusa Tenggara yang mengoperasikan tambang tembaga dan emas yang besar di Indonesia.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com