Menu
Sign in
@ Contact
Search
caption: Pameran Electric Vehicle Indonesia 2019 (dok. GEM Indonesia)
Sumber: Istimewa

caption: Pameran Electric Vehicle Indonesia 2019 (dok. GEM Indonesia) Sumber: Istimewa

Dorong Transisi Energi, GEM Indonesia Gelar Pameran Komponen Kendaraan Listrik

Senin, 3 Oktober 2022 | 10:32 WIB
Zsazya Senorita (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Global Expo Management (GEM) Indonesia akan menggelar pameran teknologi dan komponen kendaraan listrik (electric vehicle/EV) pada 5-7 Oktober 2022 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Pameran EV Indonesia 2022 akan menghadirkan lebih dari 60 perusahaan kendaraan listrik, peralatan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), serta komponen dan teknologi untuk mendukung para produsen dan perakitan kendaraan listrik.

“Kabar gembira bagi para produsen dan perakitan kendaraan listrik di tanah air bahwa GEM Indonesia yang merupakan penyelenggara pameran suku cadang otomotif terbesar di Asia Tenggara akan menggelar pameran EV Indonesia 2022 yang berkonsep B2B (business to business),” ujar Direktur Utama GEM Baki Lee dalam keterangan tertulis, Minggu (2/10/2022).

Baca juga: Hyundai Ionic 5, Mobil Listrik Resmi Delegasi P-20

Baki berharap, Pameran EV Indonesia 2022 dapat mendorong pertumbuhan produsen dan perakitan kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah, yang mempercepat pembangunan infrastruktur energi baru terbarukan (EBT), hingga mengembangkan ekosistem industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) melalui Peta Jalan Industri Otomotif Nasional dan Peta Jalan Pengembangan Industri KBLBB.

Hal tersebut telah ditekankan pemerintah yang tertuang pada Perpres No. 55/ 2019 tentang Percepatan KBLBB atau battery electric vehicle untuk Transportasi Jalan.

Baca juga: Motor Listrik Setrum Kinerja M Cash (MCAS), Sahamnya Bisa Melaju 50%

“Selain pameran EV Indonesia, GEM Indonesia juga mempersembahkan pameran berskala internasional lainnya di waktu yang sama, yaitu Transport & Logistics Indonesia 2022, Forklift Indonesia 2022, dan ConMine 2022 (teknologi pertambangan),” sambung Baki.

Forklift adalah kendaraan listrik komersial berbasis baterai sehingga komponen untuk forklift dan kendaraan listrik memiliki banyak kemiripan. Sedangkan Transport & Logistics Indonesia 2022 akan menghadirkan konsep smart logistics system seperti fleet management system, enterprise resource planning (ERP), dan teknologi pendukung lainnya.

Baca juga: Volta, Anak Usaha NFC (NFCX) Patok Harga Motor Listrik Mulai Dari Rp 12,75 Juta

“Dengan teknologi dan pembangunan infrastruktur di Indonesia, diharapkan biaya logistik Indonesia bisa semakin murah dan dapat bersaing di Asia Tenggara,” tandas Baki.

Pameran-pameran tersebut akan diselenggarakan bersamaan dengan Busworld Southeast Asia 2022 yang mengedepankan pameran bus listrik. Bagi pengunjung dan profesional yang berminat hadir, disarankan segera mendaftar ke website GEM Indonesia secara gratis karena tempat yang terbatas.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com