Sabtu, 1 April 2023

Lippo Cikarang Raih Marketing Sales Rp 1 Triliun

Edo Rusyanto
2 Nov 2022 | 18:32 WIB
BAGIKAN

Jakarta, Investor.id- PT Lippo Cikarang Tbk mengantongi prapenjualan (marketing sales) Rp 1 triliun sepanjang Januari-September 2022 atau sekitar 69% dari target tahun ini.

Khusus kuartal ketiga 2022, marketing sales emiten properti berkode saham LPCK itu tercatat sebesar Rp 385 miliar.

“Tingkat prapenjualan ini didorong oleh penjualan pada cluster residensial Waterfront Uptown dan lahan industri Delta Silicon 3. Sepanjang sembilan bulan 2022, total 806 unit rumah tapak, apartemen, komersial, dan lahan industri telah berhasil terjual oleh perseroan,” jelas Rudy Halim, chief executive officer (CEO) PT Lippo Cikarang Tbk dalam siaran pers yang diperoleh Investor Daily, Rabu (2/11/2022).

Pencapain prapenjualan rumah tapak didorong oleh peluncuran perdana seri rumah tapak Cendana Homes di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat dengan branding Cendana Spark yang memiliki lokasi strategis di depan Central Park.

Advertisement

Peluncuran produk ini sebagai jawaban atas tingginya permintaan dari para pembeli milenial yang membutuhkan rumah pertama dengan desain modern namun tetap mewah. Kehadiran produk ini juga melanjutkan kesukseskan sebelumnya dari produk Waterfront Estates yang memiliki tingkat penjualan sangat baik.

Cendana Spark menawarkan tiga jenis tipe, yaitu Tipe 1 (Spark Villa) dengan ukuran 60 m2 tanah/55 m2 bangunan. Lalu, Tipe 2 (Spark Residence) dengan ukuran 82,5 m2 tanah/68 m2 bangunan dan Tipe 3 (Spark Sanctuary) dengan ukuran 97,5 m2 tanah/88 m2 bangunan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 780 juta per unit.

Serah terima hunian tapak ini dijadwalkan 24 bulan, dengan tenggang waktu (grace period) enam bulan sejak peluncuran produk pada September 2022.

Sementara itu, total pendapatan Lippo Cikarang sebesar Rp 1,01 triliun selama sembilan bulan tahun 2022. Angka itu turun 14% dibandingkan periode sama 2021.

Rudy Halim memaparkan, dalam hal kontribusi pendapatan, penjualan dari rumah tapak masih menjadi kontributor utama dengan proporsi 40% per akhir September 2022. Tahun lalu, pendapatan didominasi oleh apartemen dengan proporsi 39%.

Di sisi lain, walapun mengalami penurunan dari sisi pendapatan, laba kotor perseroan meningkat 5% menjadi Rp 526 miliar karena perubahan bauran pendapatan dimana didominasi oleh pendapatan dari rumah tapak.

Menurut Rudy Halim, dengan adanya perubahan komposisi penjualan tersebut, tingkat margin laba kotor perseroan dapat meningkat menjadi 52% dari 42% pada tahun lalu.

Perseroan juga dapat mengelola beban usaha dengan baik dimana dapat dipertahankan pada nilai yang sama dengan tahun lalu sebesar Rp 202 miliar.

Lippo Cikarang juga sukses meningkatkan EBITDA dengan menunjukan kenaikan sebesar 7% YoY menjadi Rp 341 miliar. Sejalan dengan kenaikan margin laba kotor, perseroan mencetak margin EBITDA pada level yang lebih tinggi, yakni 34%.

Editor: Edo Rusyanto (edo_rusyanto@investor.co.id)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Berita Terkait


Berita Terkini


Market 21 menit yang lalu

Kuartal I-2023, Total Emisi Obligasi dan Sukuk Tembus Rp 27,46 Triliun

BEI menyebut, total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat sepanjang tahun ini atau kuartal I-2023 tembus Rp 27,46 triliun.
Market 48 menit yang lalu

Perkuat ESG, DOID Gandeng Torajamelo

BIRU siapkan utang yang dapat dikonversi menjadi saham senilai Rp7,5 miliar yang akan dimanfaatkan untuk tingkatkan dampak sosial Ahana.
Market 1 jam yang lalu

BEI Hentikan Sistem Perdagangan FITS, Mengapa?

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian layanan sistem perdagangan Fixed Income Trading System (FITS). Mengapa?
International 1 jam yang lalu

ASEAN Sumbang 3% dari PDB Riil Dunia

Kapasitas ASEAN harus diperkuat untuk menjawab tantangan hari ini, dan tantangan 20 tahun ke depan.
National 2 jam yang lalu

Kabar Gembira, UI Umumkan 410 Camaba Lewat Jalur Talent Scouting

Sebelumnya, sebanyak 2.049 orang calon mahasiswa baru lolos penerimaan masuk melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)
Copyright © 2023 Investor.id