Menu
Sign in
@ Contact
Search
ITDC Utilitas gandeng Sun Energy dalam instalasi proyek PLTS jelang hajatan KTT G20 di Bali

ITDC Utilitas gandeng Sun Energy dalam instalasi proyek PLTS jelang hajatan KTT G20 di Bali

ITDC Gandeng SUN Energy Instalasi Proyek PLTS Jelang Hajatan KTT G20

Selasa, 8 November 2022 | 04:30 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

NUSA DUA, investor.id - Upaya perwujudan transisi energi ini tidak hanya memerlukan regulasi, namun juga komitmen nyata dari para pelaku industri untuk memulai langkah keberlanjutannya. Seperti yang dilakukan oleh PT ITDC Nusantara Utilitas (ITDC Utilitas), anak usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), menggandeng SUN Energy dalam instalasi proyek PLTS jelang hajatan KTT G20 di Bali.

Direktur Utama ITDC Utilitas AA Istri Ratna Dewi mengatakan, ITDC Utilitas telah mencatatkan langkah awalnya dalam pengembangkan konsep keberlanjutan di kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali, melalui pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi  keberlanjutan. Aksi transisi energi ini sejalan dengan salah satu pokok bahasan Presidensi G20 Indonesia yakni mendorong transisi energi menuju energi baru dan terbarukan dengan mengedepankan keamanan energi, aksesibilitas, dan keterjangkauan.

Baca juga: Buka Kantor Baru di Jawa Tengah, Startup Xurya Perluas Jangkauan Instalasi PLTS Atap

Ratna Dewi mengatakan, ITDC Utilitas akan terus melakukan berbagai improvement dalam pemenuhan kebutuhan utilitas di dalam kawasan, termasuk dalam mengembangkan zona hijau energi. “Saat ini sebagai langkah awal transisi energi di dalam kawasan dan dukungan pada percepatan transisi energi sesuai Bali Compact dan Bali Energy Transitions Roadmap, kami mengembangkan project pioneer PLTS Rooftop di area Command Centre The Nusa Dua dan Lagoon ITDC,” ungkap Ratna Dewi dalam keterangan pers, Senin (8/11/2022).

Instalasi PLTS Rooftop tahap awal dengan kapasitas 97 kWp atau setara dengan 10% jumlah konsumsi energi operasional utilitas kawasan ini, akan menjadi bagian dari sumber energi listrik gedung-gedung vital pada saat penyelenggaraan KTT G20, yaitu gedung-gedung Command Center di kawasan The Nusa Dua. PLTS Rooftop The Nusa Dua ini dikembangkan oleh ITDC Utilitas berkolaborasi dengan SUN Energy.   

ITDC Utilitas gandeng Sun Energy dalam instalasi proyek PLTS jelang hajatan KTT G20 di Bali

Baca juga: Quantum Power Asia - ib Vogt Teken Kerjasama Pembuatan Modul PV untuk Mega Proyek PLTS Terbesar di Dunia Senilai US$ 400 Juta

Direktur Utama PT Surya Utama Nuansa Roy Wijaya menjelaskan, pertambahan portofolio bisnis dari beragam jenis industri yang terus dicatatkan menjadi bukti dari pertumbuhan minat pasar akan pemanfaatan energi surya di Indonesia. SUN Energy telah berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaiknya dalam melakukan elektrifikasi secara menyeluruh dengan energi bersih lintas industri.

“Setelah instalasi Solar Charging Station di kawasan pariwisata lainnya di Indonesia, instalasi PLTS berkapasitas 97 kWp di di kawasan The Nusa Dua merupakan wujud dukungan SUN Energy terhadap transisi hijau dalam sektor pariwisata,” paparnya.

Baca juga: PTBA Bangun PLTS Irigasi Sawah di Lampung Tengah

Melalui potensi pemanfaatan energi surya di Indonesia, SUN Energy sebagai salah satu solar developer terbesar di Indonesia telah mencatatkan dukungannya terhadap kemajuan transisi hijau di Indonesia. Seperti produk stasiun pengisian daya listrik berbasis energi surya ‘Chargee’, yang diperkenalkan pertama kali di kawasan pariwisata seperti Mandalika dan Labuan Bajo.

“SUN Energy berupaya menjadi bagian dari proses transisi energi bagi ragam sektor industri, pada hari ini, dengan bangga kami meresmikan sistem PLTS Rooftop yang turut mendukung kemajuan sektor pariwisata hijau di Indonesia,” tutup Roy.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com