Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Keuangan, Sri Mulyani

Menteri Keuangan, Sri Mulyani

Menkeu: Konsumsi Menengah Atas Sumber Pertumbuhan Ekonomi

Sabtu, 12 November 2022 | 13:39 WIB
Kunradus Aliandu (kunradus@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, konsumsi rumah tangga menengah ke atas menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III-2022, yang mencapai 5,72% secara tahunan (year-on-year/yoy).

"Kami melanjutkan kepercayaan ini pada kuartal keempat tahun ini dan 2023," ujar Menkeu dalam acara 4th Indonesia Fintech Summit-Moving Forward Together Day 2 di Jakarta, Jumat (11/11).

Sejalan dengan itu, Menkeu mengatakan, pemerintah akan terus menjaga inflasi agar dapat mempertahankan daya beli rumah tangga yang saat ini masih kuat. Tren konsumsi rumah tangga menengah ke atas berpotensi  tumbuh kuat, salah satunya tercermin dari simpanan di bank.

Jika melihat tabungan rumah tangga dengan nominal di atas Rp 2 miliar dalam sistem perbankan, dia mengatakan, tingkat pertumbuhan tabungan golongan tersebut masih tumbuh dua digit, yakni 10% atau di atas tingkat pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) secara nasional. Dengan demikian, rumah tangga kelas menengah ke atas masih memiliki daya beli.

"Ketika kita dapat mengelola pandemi, di saat itulah mobilitas menjadi lebih baik dan orang mulai menggunakan daya beli mereka," kata dia.

Selain konsumsi rumah tangga, dia menegaskan, investasi harus dipastikan cukup sehat agar bisa terus menjadi sumber pertumbuhan ekonomi domestik. Pada kuartal III tahun ini, pembentukan modal tetap bruto (PMTB) tumbuh 4,96% secara tahunan (year on year/yoy) atau lebih tinggi dari kuartal sebelumnya sebesar 3,5% (yoy). Oleh karena itu, dia akan memastikan inflasi domestik terus moderat atau cukup rendah agar momentum pertumbuhan terus berlanjut.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com