Menu
Sign in
@ Contact
Search
BKI meyakini bahwa kualitas surveyor dan auditor adalah kunci kesuksesan dalam pelayanan kepada pelanggan/klien. (Ist)

BKI meyakini bahwa kualitas surveyor dan auditor adalah kunci kesuksesan dalam pelayanan kepada pelanggan/klien. (Ist)

BKI Tingkatkan Kualifikasi Surveyor

Rabu, 16 Nov 2022 | 12:45 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI sebagai BUMN yang bergerak di bidang testing inspection and certification (TIC) dan induk dari Holding Jasa Survey/IDSurvey meyakini bahwa kualitas surveyor dan auditor adalah kunci kesuksesan dalam pelayanan kepada pelanggan/klien.

Hal ini sejalan dengan arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir April lalu, BKI berkomitmen untuk terus melakukan transformasi dan inovasi, khususnya dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

“Sesuai dengan arahan dari Menteri BUMN, kami melakukan berbagai pelatihan yang bisa meningkatkan kompetensi SDM khususnya internal BKI, salah satunya dengan menggelar  Peningkatan Kualifikasi Surveyor BKI sebagai Auditor Sistem Manajemen Keselamatan dan Keamanan - Maritime Management System Auditor (MMSA) tingkat nasional,” ujar Kepala Cabang PT BKI Batam Budi Isrofi dalam keterangan resminya, Selasa (15/11/2022).

Baca juga: BKI: Penghargaan TJSL Jadi Barometer Keberhasilan

Advertisement

Acara ini, kata Budi, berlangsung selama lima hari dari 7 hingga 11 November 2022.

“Jumlah peserta yang berpartisipasi dalam pelatihan sekaligus ujian ini, sebanyak 34 surveyor. Nantinya, mereka akan menjadi calon auditor dari BKI pusat yang memiliki andil untuk melakukan TIC di nasional dan global. Hal ini berguna untuk peningkatan kualifikasi mereka sebagai auditor manajemen keselamatan dan keamanan,” jelasnya.

Menurut Budi, pelatihan ini merupakan hal penting bagi seorang calon auditor. Karena auditor inilah nanti yang akan memberikan pemahaman materi serta penilaian kepada personel atau perusahaan kapal/ pelayaran.

“Tujuannya agar industri pelayaran bisa mendapatkan sertifikasi maupun pemahaman International Safety Management Code (ISM Code) dan International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code) atau aturan lain yang menyeluruh mengenai langkah-langkah untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan,” ujarnya.

Baca juga: BKI Bekali Pelaku UMKM Kabupaten Bogor dengan Pelatihan Legalitas

Dengan pelatihan ini, lanjut Budi, diharapkan BKI dapat menambahkan nilai peran dan fungsinya sebagai recognized organization dan recognized security organization Pemerintah Indonesia untuk mendorong perusahaan pelayaran dan kapal berbendera Indonesia sesuai dengan standar yang telah ditentukan secara Nasional dan Internasional.

Turut hadir dalam acara ini yaitu Kepala Departemen Operasi Klasifikasi Arief Budi Permana dan Kepala Divisi Statutoria Totok Achmad Sugiharso. Adapun pemateri dalam pelatihan ini yaitu Senior Manager Operasi Statutoria Arif Yunaedi; Senior Manager Konvensi, Aditya Trisandhya Pramana; dan Senior Manager Pendidikan & Pelatihan, Catur Achiryanto.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com