Menu
Sign in
@ Contact
Search
Duta Besar dan Diplomat dari 9 Kedutaan Besar negara sahabat di kawasan Amerika dan Eropa, yaitu Chile, Belgia, Norwegia, Peru, Swiss, Ceko, Meksiko, Inggris dan Kolombia mengunjungi kebun PT Austindo Nusantara Jaya (ANJT), Kamis (24/11/2022).

Duta Besar dan Diplomat dari 9 Kedutaan Besar negara sahabat di kawasan Amerika dan Eropa, yaitu Chile, Belgia, Norwegia, Peru, Swiss, Ceko, Meksiko, Inggris dan Kolombia mengunjungi kebun PT Austindo Nusantara Jaya (ANJT), Kamis (24/11/2022).

9 Diplomat Amerika Selatan dan Eropa Kunjungi Kebun ANJT

Jumat, 25 November 2022 | 16:17 WIB
Fajar Widhiyanto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak usaha dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ/ANJT) di pulau Belitung, menerima kunjungan dari Duta Besar dan Diplomat dari 9 Kedutaan Besar negara sahabat di kawasan Amerika dan Eropa, yaitu Chile, Belgia, Norwegia, Peru, Swiss, Ceko, Meksiko, Inggris dan Kolombia pada tanggal 24 November 2022.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari acara “Dialogue on Indonesia Sustainable Palm Oil in American and European Markets” yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri, sebagai upaya diplomasi ekonomi untuk memperluas pasar komoditas sawit berkelanjutan Indonesia.

Kegiatan kunjungan ini antara lain bertujuan untuk memperkenalkan manfaat penerapan ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) terhadap pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan masyarakat lokal serta menjajaki peluang perluasan ekspor minyak sawit berkelanjutan di pasar nontradisional.

“Minyak nabati seperti kelapa sawit memiliki peran penting dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), dan penerapan perkebunan sawit berkelanjutan seperti di SMM menunjukkan bahwa industri ini telah berkontribusi positif secara ekonomi, sosial, dan lingkungan pada masyarakat lokal,” jelas Nidya Kartikasari, Direktur Kerja Sama Intra Kawasan dan Antar Kawasan Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri, dalam sambutannya yang diterima redaksi, Jumat (25/11/2022).

Para perwakilan Kemenlu dan Kedutaan Besar diterima oleh Juli Wankara Purba selaku President Director SMM. Saat kunjungan, rombongan berdialog dengan komunitas lokal dan juga petani setempat dan meninjau praktik agronomi terbaik dan berkelanjutan yang diterapkan SMM. Selain itu, rombongan juga meninjau pembangkit listrik biogas, energi hijau dan terbarukan, yang dilakukan anak perusahaan Grup ANJ lainnya, yaitu PT Austindo Aufwind New Energy (AANE), yang berlokasi tidak jauh dari SMM.

Juli Wankara Purba mengatakan bahwa merupakan kebanggaan tersendiri bagi Grup ANJ menerima kunjungan ini. Sebagai perusahaan kelapa sawit yang telah mendapat sertifikasi ISPO, Grup ANJ selalu berupaya untuk menjalankan praktik kelapa sawit berkelanjutan yang menyeimbangkan kemakmuran, manusia, dan lingkungan. Sesuai dengan prinsip-prinsip kelapa sawit berkelanjutan, ANJ terus berkomitmen untuk menjaga lingkungan, melakukan konservasi, dan menjalankan praktik agronomi terbaik untuk menghindari dan memitigasi dampak negatif, serta memaksimalkan dampak positif dari kegiatan operasionalnya.

“Kami juga melakukan pendekatan untuk membantu petani dengan menyediakan program peningkatan kapasitas dan mendorong mereka untuk menerapkan praktik terbaik dalam agronomi dan prinsip-prinsip pertanian berkelanjutan, serta memenuhi persyaratan ketertelusuran. Dengan demikian, kami dapat membantu petani kelapa sawit meningkatkan produktivitas dan kesejahteraannya seraya meminimalkan risiko kerusakan lingkungan,” tambah Juli.

Sejalan dengan visi misi perusahaan, ANJ berkomitmen untuk menjadi perusahaan kelapa sawit terdepan di Indonesia dan dunia dalam penerapan sawit keberlanjutan. Hingga akhir 2021, seluruh kebun inti Grup ANJ yang beroperasi secara komersial telah mendapatkan sertifikasi ISPO dan RSPO. ANJ menargetkan seluruh kebun mitra agar tersertifikasi ISPO pada 2023 dan RSPO pada 2025.

Untuk mengukur capaian penerapan ESG, ANJ telah menerima hasil penilaian ESG Risk Rating yang dilakukan oleh Sustainalitycs dengan nilai 18,3 (low risk), yang menempatkan ANJ dalam posisi terbaik di antara perusahaan subsektor Pertanian yang dinilai oleh Sustainalytics. Sustainalytics adalah perusahaan pemeringkat ESG terkemuka yang merupakan bagian dari kelompok Morningstar. ANJ juga berada pada peringkat 4 dari 97 produsen, pengolah dan pedagang minyak kelapa sawit global dan peringkat paling tinggi di antara perusahaan Indonesia dalam hal transparansi praktik keberlanjutan yang dinilai oleh Sustainability Policy Transparency Toolkit (SPOTT).

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com