Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi lapangan futsal. (Dok. Unsplash/Falaq Lazuardi)

Ilustrasi lapangan futsal. (Dok. Unsplash/Falaq Lazuardi)

Memahami Seluk Beluk Pengembangan Bisnis Penyewaan Lapangan Futsal

Jumat, 25 November 2022 | 19:03 WIB

JAKARTA, investor.id - Bisnis penyewaan lapangan futsal di Indonesia kini menjadi salah satu bisnis yang punya prospek menjanjikan. Bagi Anda yang tertarik pada bisnis ini, manfaatkan kredit tanpa agunan untuk mengembangkan bisnisnya. Kredit tanpa agunan adalah kredit yang diberikan oleh bank di mana debitur tidak perlu menjaminkan asetnya pada pihak bank.

Potensi Bisnis Penyewaan Lapangan Futsal di Masa Kini

Sebagai salah satu olahraga yang populer di Indonesia, hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia mengenal olahraga permainan ini. Itulah sebabnya, futsal menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk dikembangkan.  

Sejak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) meresmikan futsal sebagai cabang olahraga resmi, minat masyarakat terhadap olahraga ini semakin meningkat. Semakin populer olahraganya, semakin menjanjikan peluang bisnis penyewaan lapangan futsal untuk dikembangkan. apalagi, di masa ini, keuntungan bisnis ini bisa didapat dalam waktu yang relatif cepat.

Hal ini tidak terlepas dari target pasar yang beragam, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, para pekerja kantoran dan orang-orang dari profesi lainnya yang tertarik pada olahraga ini. para pekerja kantoran sering kali menyempatkan diri bermain futsal dengan teman satu kantor atau teman dari perusahaan lain. begitu pula dengan anak sekolah dan mahasiswa. Tak jarang mereka bermain dalam permainan yang serius, bukan lagi sekadar senang-senang. 

Potensi inilah yang tidak boleh di sia-siakan oleh para pebisnis. Selagi potensi bisnis yang terlihat cukup bagus. Maka tidak ada salahnya untuk mewujudkan jenis bisnis seperti ini. 

Kelebihan Menjalankan Bisnis Penyewaan Lapangan Futsal

Menjalankan bisnis satu ini memang membutuhkan modal yang cukup besar. Akan tetapi, bisnis ini memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Selain itu pula, ada banyak kelebihan dibandingkan dengan menjalankan bisnis olahraga lainnya, misalnya saja.

1.   Pengelolaan yang Mudah

Seperti yang disinggung di awal, bisnis penyewaan lapangan futsal membutuhkan modal yang relatif besar. Namun, pengelolaannya mudah dan tidak membutuhkan biaya perawatan yang tinggi. Di samping itu pula, Anda tidak membutuhkan jumlah pekerja yang banyak. Pekerjaan utama dari bisnis ini adalah SDM untuk pencatatan dan kebersihan gedung plus lapangan futsalnya.

Jumlah pekerja yang sedikit mempermudah pengelolaan dan koordinasi, sehingga proses menjalankan bisnisnya bisa lebih lancar dan terarah.

2.   Pasar yang Sangat Besar

Futsal saat ini tergolong olahraga yang banyak peminatnya. Pria dan wanita dari berbagai kalangan banyak yang bermain futsal dan menjadi langganan di tempat futsal. Selain itu pula, futsal sudah menjadi gaya hidup, terutama orang-orang yang tinggal di perkotaan. Mereka berolahraga futsal untuk menjaga kebugaran tubuh dan bersosialisasi.

Sebab itulah, bisnis ini menjanjikan keuntungan yang tidak kecil. Apalagi jika gedung lapangan futsal Anda memiliki fasilitas yang lengkap. Pengunjung tidak hanya menjadikan gedung tempat futsal sebagai tempat olahraga, melainkan juga sebagai tempat bertemu kolega.

3.   Keuntungan Finansial yang Besar

Mengapa bisnis penyewaan lapangan futsal mampu memberikan keuntungan yang tinggi? Hal ini disebabkan karena olahraga futsal menciptakan bisnis tiruannya. Saat Anda membuka bisnis ini, Anda pun bisa membuka bisnis lainnya yang ada kaitannya dengan olahraga futsal.

Bisnis turunan yang bisa Anda jalankan adalah berjualan jersey futsal atau jersey sepakbola, berjualan sepatu futsal dan kaos kaki, membuka kafe atau kantin, dan lain-lain. Anda perlu mengatur strategi pengaturan bisnis untuk mengurusi bisnis turunan ini agar penyewaan lapangan futsal tidak terbengkalai.

Kenali Jenis-Jenis Lapangan Futsal yang Banyak Digunakan di Indonesia

Futsal merupakan permainan sepak bola yang dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim beranggotakan lima orang. Nah, berbicara soal lapangan futsal, ada jenis-jenis lapangan futsal yang banyak digunakan sebab masing-masing jenis lapangannya memiliki kelebihan dan kekurangan. Yuk pahami jenis-jenis lapangan futsal dari informasi berikut ini.

1.   Lapangan Futsal Vinyl

Lapangan futsal vinyl adalah lapangan yang paling banyak disukai di Indonesia. Jenis lapangan ini terbuat dari karet yang lembut permukaannya.

Kelebihan Vinyl

  • Bola futsal dapat meluncur dengan baik sebab tingkat keratannya yang maksimal.

  • Aman saat pemain terjatuh saat bermain

  • Daya cengkeram kaki maksimal karena sol sepatu futsal juga terbuat dari sol karet.

Kekurangan Vinyl

  • Bagian-bagian lapangan vinyl rentan lepas apabila digunakan dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan permukaan tidak rata lagi.

  • Apabila tidak hati-hati bermain di lapangan futsal vinyl, bisa menyebabkan cedera di bagian pinggul dan paha atas.

2.   Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Selain lapangan vinyl, lapangan futsal rumput sintetis juga banyak digemari oleh para pemain.

Kelebihan Lapangan Futsal Rumput Sintetis : 

  • Tidak akan menyebabkan cedera saat pemain jatuh sebab lapangan rumput sintetis tebal dan permukaannya lembut.

  • Pemain mudah menguasai bola sebab laju bola tidak terlalu liar saat menggelinding di atas permukaan lapangan.

Kekurangan Lapangan Rumput Sintetis : 

  • Pemain harus mengenakan sepatu khusus

  • Rentan membuat kulit lecet saat kulit bergesekan dengan rumput

  • Tidak cocok digunakan di luar ruangan.

3.   Lapangan Futsal Parquette

Lapangan futsal parqutte bukanlah lapangan futsal yang populer di Indonesia. Namun, jenis lapangan ini banyak digunakan di Eropa dan Amerika Latin.

Kelebihan Lapangan Parquette

  • Permukaan lapangan parquette lebih kesat dibandingkan lapangan vinyl dan yang lainnya.

  • Memiliki permukaan yang rata maksimal

Kekurangan Lapangan Parquette

  • Permukaan lapangan ini terbilang keras sebab terbuat dari kayu.

  • Mudah rusak karena kelembapan dan cuaca yang sering berubah.

  • Lebih berbahaya bagi penjaga gawang saat permukaan kayu rusak.

4.   Lapangan Futsal Taraflex

Lapangan futsal taraflex terbuat dari plastik yang kesat dan nyaman digunakan untuk bermain.

Kelebihan Lapangan Taraflex

  • Permukaan lapangan ini sangat baik keratannya.

  • Lapangan taraflex tidak licin sehingga aman bahkan saat pemain terjatuh. 

Kekurangan Lapangan Taraflex : 

  • Di beberapa lapangan, kadang permukaannya tidak rata sehingga membuat pemain terganggu saat bermain.

Ukuran Lapangan Futsal di Indonesia

Luas lapangan futsal terbagi menjadi beberapa bagian tergantung dari tipe lapangannya. Panjang dan lebar lapangan futsal standar nasional yaitu 38m x 25m atau 42 m x 25 m. Sementara itu, lapangan futsal mini ukurannya yaitu 24m x 15 m dan 42m x 22 m.

Ukuran Gawang Futsal

Ukuran gawang futsal berbeda dengan ukuran gawang sepakbola. Ukuran jarak antar tiang gawang adalah 3 m diukur dari bagian dalam gawang. Jarak dari tiang palang ke lantai kurang lebih 2m. Ukuran ini didapat dari tiang horizontal bagian dalam sampai permukaan lantai. Ukuran ketebalan tiang gawang memiliki diameter 8cm, sedangkan ke dalam gawangnya adalah 100 cm untuk bagian bawah dan 80 cm untuk bagian atas.

Tips Sukses Menjalankan Bisnisnya Penyewaan Lapangan Futsal

Untuk menjalankan sebuah bisnis, diperlukan strategi yang sesuai dan mampu dijalankan. Di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa tips untuk mengembangkan bisnisnya. Informasinya akan dipaparkan di bawah ini.

1.   Survei Lokasi yang Strategis

Lokasi yang akan dijadikan gedung penyewaan lapangan futsal menentukan kesuksesan bisnis. Apabila lokasi lapangan futsal jauh dari keramaian dan akses untuk menjangkaunya tidak mudah, bisnis ini akan sulit untuk mendapatkan pengunjung sehingga bisnis akan cenderung sepi.

Pilih lokasi yang strategi agar pengunjung mudah menemukan lokasinya. Lokasi-lokasi seperti dekat kampus, sekolah, jalan raya, dekat pemukiman penduduk, dan pusat perkantoran merupakan lokasi-lokasi yang bisa Anda pertimbangkan.

Selain itu pula, lokasi yang strategis membuat Anda lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Daerah pinggiran berpotensi menarik pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan kota yang padat sebab daerah pinggiran mempunyai jumlah penduduk yang besar.

2.   Perhatikan Kenyamanan dan Keamanan Lokasi

Selain lokasi yang strategis, Anda harus memperhatikan kenyamanan lokasi. Buat lapangan futsal di lahan yang luas agar Anda bisa mempertimbangkan keberadaan lahan parkir dan kantin. Pastikan lapangan futsal yang Anda bangun sesuai dengan standar lapangan mini dan standar nasional. 

Pilih lokasi dimana tidak ada lahan untuk bermain bola agar Anda bisa mengakomodasi orang-orang yang hobi bermain futsal di lapangan yang Anda bangun. Di area seperti ini, orang-orang yang suka bermain futsal kerap kesulitan untuk menemukan lapangan futsal, sehingga mereka mencari alternatif lapangan futsal sewaan.

Perhatikan kenyamanan lapangan, mulai dari fasilitas penunjang seperti toilet, mushola, ruang ganti, ruang penitipan barang atau loker, dan lain-lain. Pastikan lokasi tersebut aman dari tindakan pencurian sebab para pengunjung lapangan pasti akan menghabiskan waktu lama saat bermain futsal. Anda bisa gunakan staf sekuriti untuk meningkatkan keamanan pengunjung.

3.   Perhatikan Sirkulasi Udara Lapangan Futsal

Jika Anda ingin memulai bisnis lapangan futsal indoor, buat sistem aliran udara yang baik di dalam gedung, namun, jika Anda tertarik untuk membuat lapangan futsal outdoor, perhatikan keamanan lapangan dan aliran udara di lapangan.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan konsumen selama menggunakan gedung agar tidak merasa sesak dan sulit bernafas. Untuk menyiasati masalah sirkulasi udara, anda bisa mempersiapkan ventilasi udara yang sesuai dengan standar gedung olahraga.

4.   Sediakan Fasilitas Pelengkap

Fasilitas lengkap merupakan hal yang bisa menunjang kenyamanan para pengunjung. Anda bisa lengkapi fasilitas di gedung lapangan futsal dengan beberapa item, misalnya ruang tunggu, kantin dengan fasilitas makan dan minum untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Selain memuaskan pengunjung, Anda pun dapat menambah pundi-pundi penghasilan tambahan.

Kembangkan Bisnis Penyewaan Lapangan Futsal dengan digibank KTA  

Untuk berbisnis, Anda memerlukan dana untuk investasi. digibank KTA hadir memberikan solusi finansial yang akan menunjang bisnis maupun lifestyle dan kebutuhan lainnya. 

Bisnis penyewaan lapangan futsal bukanlah bisnis yang kecil. Buat rencana pengelolaan yang matang dan terapkan strategi promosinya agar bisnis Anda menjadi lebih lancar. 

Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh digibank KTA, antara lain:

  • Layanan online 24 jam melalui Aplikasi digibank by DBS

  • Proses approval pengajuan hanya membutuhkan 60 detik 

  • Dana langsung diterima oleh nasabah melalui rekening hingga 200 juta.

  •  Jumlah nominal bisa diatur sesuai kebutuhan

  • Cicilan sampai 36 bulan

  • Tidak membutuhkan dokumen fisik

  • Persyaratan mudah, yakni domisili Bandung, Surabaya, Semarang, dan Jabodetabek, memiliki NPWP dan e-KTP, penghasilan minimal Rp5 juta

Itulah keunggulan yang bisa Anda dapatkan. Segera wujudkan bisnis penyewaan lapangan futsal impian Anda dengan digibank KTA. Ketahui informasi yang lebih lengkap terkait kredit tanpa agunan melalui tautan ini.  

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : PR

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com