Menu
Sign in
@ Contact
Search
Roy Kosasih, Presiden Honeywell untuk Indonesia dan Filipina.

Roy Kosasih, Presiden Honeywell untuk Indonesia dan Filipina.

Honeywell Nyatakan Siap Bantu Kembangkan IKN

Selasa, 29 Nov 2022 | 23:05 WIB
Fajar Widhiyanto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Honeywell menyatakan kesiapannya mendukung Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) dalam pengembangan dan pengelolaan ibu kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan.

Berbicara dalam forum diskusi yang digelar Selasa di Jakarta (29/11/2022), Roy Kosasih, Presiden Honeywell untuk Indonesia dan Filipina menyatakan, pihaknya telah menyampaikan kesiapan untuk mendukung pengembangan IKN melalui teknologi dan solusi yang tepat, agar Otorita IKN bisa mewujudkan berdirinya sebuah ibu kota baru yang 'cerdas' dan berkelanjutan.

"Honeywell memiliki pengalaman membantu kota-kota di penjuru dunia dalam menciptakan lingkungan perkotaan yang terhubung, aman, terlindungi, produktif, dan berkelanjutan dengan teknologi yang tepat. Selain itu, kami juga punya pengalaman yang panjang dalam mendukung pengusaha bangunan komersil di Indonesia agar gedung-gedung yang mereka kelola bisa lebih ramah lingkungan,” kata Roy dalam pernyataan tertulisnya. Ia pun menyebut pihaknya mampu membantu pengembangan gedng-gedung yang efisien sekaligus menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penghuninya.

Mengutip International Energy Agency, Roy menyebut bangunan komersil saat ini mengkonsumsi lebih dari 36% energi global, dan menghasilkan 37% dari total emisi CO2 global, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Advertisement

Dengan biaya energi yang terus meningkat, dibarengi adanya tuntutan global untuk menurunkan emisi karbon, Roy mengungkapkan bahwa pengembangan kota baru harus dimulai dari bangunan yang berkelanjutan.

Berikutnya ia memaparkan sejumlah layanan dari Honeywell yang bisa dimanfaatkan dalam pengembangan ibukota baru. Salah satunya Honeywell Building Sustainability Manager yang didukung oleh aplikasi fitur Honeywell Forge, memungkinkan pengelola bangunan melacak dan mengoptimalkan kinerja energi gedung sesuai target pengurangan karbon. Ujungnya mereka secara terukur dapat mengurangi emisi karbon dan penggunaan energi mereka, sekaligus menjaga kesehatan dan kenyamanan penghuninya. Dengan bangunan-bangunan yang berkelanjutan, IKN akan lebih siap untuk menjadi kota yang cerdas.

Kunci dari kota yang pintar dan berkelanjutan adalah penggunaan teknologi yang terhubung, terintegrasi dan otomatis. Di kota pintar, semua data dari beragam fungsi-fungsi perkotaan mengalir dalam sebuah jaringan yang terhubung. Jaringan yang saling terintegrasi tersebut menghasilkan informasi operasional kota yang holistik dan berbasis data sehingga memungkinkan warga dan pemerintah untuk bersama-sama mengatasi beragam tantangan sosial yang ada dalam linkungan kota. “Penggunaan teknologi yang tepat akan mewujudkan pengelolaan kota yang tepat juga,” kata Roy.

Berikutnya ia menyebut produk perangkat lunak Honeywell City Suite, sebuah platform IoT (Internet of Things) yang didukung kecerdasan buatan, akan mampu mengintegrasikan data penting dari sistem infrastruktur kota seperti lalu lintas, lampu jalan, lingkungan, layanan darurat, keselamatan dan keamanan publik, termasuk utilitas ke dalam satu tampilan terpadu. Honeywell City Suite telah digunakan di 75 kota di penjuru dunia, dan membantu masyarakat untuk turut memantau konsumsi energi di seluruh fasilitas dan utilitas kota.

Teknologi ini salah satunya telah diterapkan di ibu kota administratif baru Mesir, di mana Honeywell dengan pemerintah setempat membangun pusat komando yang berfungsi sebagai otak jaringan digital. Honeywell juga mendukung beberapa kota di India, termasuk Rajkot dan Faridabad, untuk mengubahnya menjadi 'Smart City'.

Baru-baru ini, Honeywell bekerja sama dengan Accelerator for America, organisasi nirlaba Amerika Serikat yang diisi sejumlah dewan penasihat walikota, pengusaha, serta pakar pembangunan perkotaan dan ekonomi, untuk mendorong pertumbuhan Smart City di lima kota AS agar meningkatkan ketahanan sosial dibarengi dengan komunitas yang lebih aman dan berkelanjutan.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com