Menu
Sign in
@ Contact
Search
Catur Gunandi memberikan pemaparan di acara Indonesia menjawab Tantangan Global Keinsinyuran di Forum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di ICE BSD City, baru-baru ini. (ist)

Catur Gunandi memberikan pemaparan di acara Indonesia menjawab Tantangan Global Keinsinyuran di Forum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di ICE BSD City, baru-baru ini. (ist)

Insinyur Juga Bisa Jadi Pengusaha Sukses, Ini Tipsnya   

Sabtu, 3 Des 2022 | 02:45 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id  - Catur Gunandi adalah contoh insinyur yang sukses menjadi pengusaha. Kini dia memiliki perusahaan di berbagai sektor dengan omzet ratusan miliar per tahun.

Dalam   acara Indonesia menjawab Tantangan Global Keinsinyuran di Forum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di ICE BSD City, baru-baru ini, Catur memberikan tips bagi insinyur untuk menjadi pengusaha sukses. Pertama, keberanian. Hal paling dasar ketika ingin menjadi seorang pengusaha adalah keberanian. Itu sebabnya, beranilah dalam membangun usahamu.

Kedua, kata dia, membangun rutinitas. Lakukan berbagai rutinitas yang memiliki dampak positif pada pola piker dan kinerja. Ketiga, investasikan pada diri sendiri. Keempat, selalu bersemangat dalam melakukan berbagai hal. Kelima, selalu pantau setiap tindakanmu. Keenam, berpikir besar.

“Satu-satunya jalan untuk mengembangkan potensi diri adalah berpikir besar. Terakhir, Ketujuh, selalu bertanggung jawab,” kata dia. 

Advertisement

Meskipun dia seorang insinyur muda teknik penerbangan, latar belakang pendidikannya itu tak menghalanginya untuk menjadi seorang pengusaha. Setelah melewati berbagai permasalahan dan rintangan, akhirnya dia menjadi seorang pengusaha sukses yang berhasil membangun dan mengembangkan berbagai multibisnis.

Saat ini Catur memiliki unit usaha dari berbagai sektor, mulai dari pertambangan, migas, perdagangan, layanan logistik, pertambangan dan mineral,  penyedia bahan bakar industri, distributor resmi material untuk industri migas, hingga memiliki LNG mini pertama di Indonesia. 

Menurut Catur, keahlian seorang insinyur justru sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan global yang sedang melanda dunia. Karena sejatinya, setiap bidang tidak lepas dari inovasi dan rekayasa, baik itu dibidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan yang lainnya. Keberhasilan seorang Insiyur sebagai pengusaha ini tak lepas karena keahlian mereka dalam menganalisis angka dan data.

“Banyak CEO dunia yang berhasil memimpin usaha karena mereka memiliki dasar yang kuat pada bidang keinsinyurannya, kemudian dipraktikkan dalam bidang bisnis atau usaha dan berhasil,” kata Catur.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com