Kamis, 30 Maret 2023

Kadin Indonesia Dorong Pelaku Usaha Kuatkan Perekonomian Indonesia

Yurike Metriani
16 Des 2022 | 08:08 WIB
BAGIKAN
Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.
Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

JAKARTA, investor.id - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid, mengatakan bahwa Indonesia harus lebih tangguh dalam menghadapi ancaman gejolak perekonomian global. Karenanya, Arsjad berupaya memaksimalkan perannya dalam mendorong para pengusaha mulai dari pengusaha mikro, kecil, menengah, hingga pengusaha besar untuk bersama-sama memperkuat perekonomian Indonesia. 

Selaku Ketua Umum Kadin Indonesia, yang merupakan payung organisasi dunia usaha di Indonesia, Arsjad akan selalu mengupayakan untuk mendorong UMKM di Indonesia naik kelas melalui digitalisasi maupun kemitraan melekat yang diinisiasi oleh Kadin Indonesia. 

Adopsi digitalisasi serta teknologi 4.0 pada dunia usaha, terutama bagi UMKM, sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. 80% bisnis yang bertransformasi digital cenderung bertahan dalam tantangan dan gejolak ekonomi. Untuk mendorong hal ini, Arsjad mengatakan Kadin Indonesia menciptakan beberapa inisiatif seperti Wiki Wirausaha dan Platform Kadin Tech Hub. 

“Wiki Wirausaha adalah sebuah wadah atau platform online bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan mitra, akses pasar, atau informasi yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan usahanya. Melalui wikiwirausaha.id, UMKM dapat berdiskusi satu sama lain dari masalah perizinan usaha hingga literasi keuangan. Pelaku UMKM juga bisa mendapatkan informasi mengenai pelatihan melalui platform ini,” ucap Arsjad Rasjid. 

Advertisement

Selain Wiki Wirausaha, Kadin Indonesia juga memiliki Kadin Tech Hub yang hadir sebagai sebuah platform digital yang mempertemukan perusahaan yang memiliki masalah dengan ekosistem sehingga dapat memberikan pengembangan solusi digital yang terintegrasi dengan semangat ekonomi kolaborasi. 

Untuk lebih memperkuat UMKM Indonesia, Kadin Indonesia juga menginisiasi kemitraan inclusive closed-loop ecosystem, yaitu skema pendampingan melekat dari perusahaan besar ke UMKM maupun petani dalam rangka mentransfer pengetahuan & teknologi, memperluas akses pembiayaan, memberi bantuan distribusi hasil pertanian, dan membuka akses pasar baik nasional maupun ekspor. Inisiatif ini juga sudah dijadikan gerakan nasional economic empowerment oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo. 

Kadin Indonesia juga akan mengimbau pelaku usaha untuk mulai memperhatikan aspek keberlanjutan dengan menerapkan prinsip-prinsip Environmental, Governance, dan Sosial (ESG).

Editor: Yurike Metriani (yurikemetriani@gmail.com)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Berita Terkait


Berita Terkini


Market 10 menit yang lalu

Perusahaan Properti Ini Berniat Go Public, Bidik Dana Hingga Rp 200 Miliar  

Perusahaan yang bergerak di bidang property & real estate, PT Samudra Raya Swagriya, berniat go public dengan membidik dana hingga Rp 200 M
Market 21 menit yang lalu

Terungkap! Rencana di Balik IPO Merdeka Battery (MBMA)

Merdeka Battery (MBMA) akan memiliki dukungan lebih kuat melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO)
Market 24 menit yang lalu

Top! Baru Masuk Bursa, Laba Pertamina Gethermal (PGEO) Melesat 50%

Laba bersih PGEO melesat hingga 50% sepanjang 2022, meski perseroan baru listing perdana di BEI tahun ini
Market 33 menit yang lalu

Amar Bank (AMAR) Resmi Terapkan Sistem Pembayaran BI-FAST

PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) resmi bergabung menjadi peserta sistem pembayaran BI-Fast Batch 6
Finance 38 menit yang lalu

PNM Boyong Penghargaan Digital Teknologi dan Inovasi

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memboyong penghargaan digital teknologi dan inovasi

Tag Terpopuler


Copyright © 2023 Investor.id