Jumat, 24 Maret 2023

Terapkan GCG dan Kembangkan Talenta Unggul, PGN Subholding Gas Pertamina Raih Anugerah BUMN 2023

Yurike Metriani
18 Mar 2023 | 09:00 WIB
BAGIKAN
PGN Subholding Gas Pertamina raih penghargaan. (Dok. PGN)
PGN Subholding Gas Pertamina raih penghargaan. (Dok. PGN)

JAKARTA, Investor - PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina dinobatkan sebagai perusahaan dengan Tata Kelola Perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG) terbaik I dan Pengembangan Talenta dan SDM Unggul terbaik II dalam Anugerah BUMN 2023. Ajang ini diselenggarakan oleh BUMN Track dan didukung oleh PPM Manajemen pada Rabu (15/03).

Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PGN, Beni Syarif Hidayat mengungkapkan bahwa PGN menerapkan GCG secara disiplin, tidak sekadar mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penerapan GCG menyeluruh mulai dari tata kelola perusahaan, pedoman etika usaha, pedoman whistleblower, pengendalian internal hingga peningkatan awareness GCG melalui sosialisasi dan internalisasi.

Baca Juga: PGN Bangun 352 Km Jaringan Gas Rumah Tangga di Bintaro 

PGN terus melakukan evaluasi atas efektivitas penerapan GCG di PGN. Pada tahun 2022, pengukuran dan evaluasi GCG dilakukan oleh pihak ketiga menggunakan parameter Keputusan Sekretaris Menteri BUMN. PGN mendapatkan hasil 99,004% (sangat baik), meningkat dari hasil evaluasi tahun 2021 yang mencapai 98,56%.

Advertisement

“PGN mendapatkan skor 107,12 (terpenuhi kriteria maksimal 130) dari hasil pengukuran dan evaluasi GCG secara mandiri menggunakan parameter internasional yaitu ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS). Kami juga melakukan evaluasi dengan metode terbaru yang dikeluarkan oleh Komite Kebijakan Governansi (KNKG) dengan kualifikasi: terpenuhi,” jelas Beni, (17/03).

Tak terpisahkan dengan bagian dari implementasi GCG, PGN juga terus memperkuat kepatuhan terhadap kebijakan antikorupsi. Maka dari itu, PGN menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) berdasarkan standar internasional ISO 37001:2016. Sosialisasi dan pelatihan antikorupsi gencar dilakukan baik kepada karyawan maupun mitra kerja.

“Kami juga mendorong untuk mematuhi kebijakan antigratifikasi dan pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN). Tingkat kepatuhan pejabat PGN dalam melaporkan LHKPN sebesar 100 persen,” ungkap Beni.

“Kami mengapresiasi seluruh SDM yang telah berdedikasi di dalam menjalankan roda operasional bisnis perusahaan, termasuk kepatuhan dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik. Sebanyak 3.019 perwira subholding gas berkontribusi dengan sangat baik, terus berinovasi, dan mampu beradaptasi dengan kemajuan digital sehingga makin memperkuat kinerja perusahaan pascadampak dari COVID-19,” lanjut Beni.

Baca Juga: PGN Gandeng Tiga Perusahaan Jepang dan PTPN Garap Proyek Biomethane

Beni berharap, atas apresiasi Anugerah BUMN ini dapat memacu semangat PGN untuk senantiasa inovatif dan melihat setiap peluang dalam meningkatkan performa kinerja. Etos kerja yang baik akan semakin bermakna apabila dapat sejalan dengan catatan bersih terhadap penerapan tata kelola perusahaan. Hal ini semakin mencerminkan bahwa PGN sebagai agregator gas bumi nasional bergerak secara profesional, transparan, dan patuh terhadap peraturan yang berlaku.

“Kesadaran GCG kami tumbuhkan dari pimpinan tertinggi hingga ke seluruh karyawan melalui berbagai kanal. Kami pun terus menjaga penerapan GCG selaras dijalankan dengan praktik bisnis dan dipercaya dapat mendorong pengelolaan perusahaan lebih profesional, memperkuat daya saing, dan meningkatkan nilai perusahaan sebagai Subholding Gas Pertamina,” pungkas Beni.

Editor: Bebby Astrika (bebbyastrika@gmail.com)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Berita Terkait


Berita Terkini


Market 3 menit yang lalu

Pandemi Covid-19 Berlalu, Adi Sarana Siapkan Capex Jumbo 

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) menyiapkan capex jumbo, Rp 1,5 triliun, tahun ini untuk menambah jumlah armada.
Market 19 menit yang lalu

MNC Sekuritas: IHSG Uji Rentang Ini, Intip Saham-Saham Calon Cuan di Hari Kejepit

MNC Sekuritas memprediksi IHSG hari ini uji rentang 6.693-6.731. Intip saham-saham calon cuan di hari kejepit ini. Salah satunya BBKP.
Business 33 menit yang lalu

Pengembang Perkuat Properti Komersial

Para pengembang memperkuat properti komersial di area proyek yang dikembangkannya. Kehadiran properti komersial selain menggairahkan kawasan
Market 50 menit yang lalu

Harga CPO Rontok Dua Hari Berturut-turut

Harga kontrak CPO di Bursa Malaysia Derivatives kembali melemah pada perdagangan Kamis, sehingga rontok dua hari berturut-turut. 
Finance 1 jam yang lalu

Laba Perbankan Nasional Tembus Rp 200 Triliun

Industri perbankan sepanjang 2022 berhasil mencatatkan kinerja positif, di mana laba bersih perbankan nasional tembus Rp 200 triliun,
Copyright © 2023 Investor.id