Rabu, 31 Mei 2023

Sennheiser Merilis Mikrofon Nirkabel Seri EW-DX di Indonesia

Happy Amanda Amalia
23 Mar 2023 | 06:56 WIB
BAGIKAN
Perangkat mikrofon digital nirkabel Senneiser seri EW-DX. (Foto ilustrasi: Istimewa)
Perangkat mikrofon digital nirkabel Senneiser seri EW-DX. (Foto ilustrasi: Istimewa)

JAKARTA, investor.id – Sennheiser, produk audio swasta asal Jerman, telah resmi mengumumkan kehadiran perangkat mikrofon digital nirkabel (wireless) EW-DX di Indonesia. Sementara itu, proses pendistribusian sedang berlangsung di Amerika Utara, kawasan Eropa-Timur Tengah dan Afrika (EMEA), Jepang, dan Singapura.

Perangkat mikrofon digital wireless tersebut diklaim dapat memenuhi kebutuhan perusahaan persewaan, tur band, teater, ibadah, atau pun penyiaran. Ini karena EW-DX bakal bertindak untuk menyederhanakan alur kerja, dan menghadirkan set fitur yang menarik ke berbagai aplikasi.

Disampaikan dalam pernyataan pers bahwa produk yang tersedia terdiri atas receiver dua kanal EW-DX EM 2, transmitter genggam – dengan atau tanpa sakelar senyap yang dapat diprogram – dan transmitter bodypack. Yang terakhir juga hadir dalam dua versi, baik dengan konektor mikrofon 3-pin khusus atau jack 3,5 mm (1/8”) untuk mikrofon atau kabel instrumen.

Advertisement

Selain itu, ada paket set yang mudah digunakan, dengan varian frekuensi lebih lanjut dan lebih tinggi yang tersedia di kuartal I-2023, dan lebih banyak perangkat EW-DX serta software yang ditambahkan ke lini ini pada pertengahan 2023.

Manajer Produk Sennheiser untuk Indonesia, Benny Franke menuturkan bahwa sistem luar biasa tersebut menggabungkan berbagai fitur profesional dan kemudahan penggunaan yang ditawarkan oleh housing yang kokoh dan telah dirancang dengan baik.

“Kami senang melihatnya memasuki pasar. Pasalnya, EW-DX adalah penerus teknologi yang unggul dari evolusi seri wireless G4 dan akan ada standar baru dalam industri live audio untuk kesederhanaan, keandalan, kualitas audio, dan efisiensi frekuensi,” ujar dia.

Seperti model kembaran EW-D, EW-DX menawarkan latensi terendah di pasar (1,9 milidetik), menghilangkan kebutuhan penghitungan frekuensi, dan menghadirkan rentang dinamis input ultra lebar 134 dB. Hal ini memungkinkan transmitter yang digunakan mampu menerima sinyal apa pun yang diberikan.

Dengan waktu pengoperasian 12 jam menggunakan baterai isi ulang BA 70, itu dianggap relatif cukup digunakan pada saat berlatih dan ketika pertunjukan atau acara itu berlangsung. Sedangkan waktu pengoperasian dengan baterai AA standar mencapai delapan jam. Bergantung pada lingkungan RF, transmitter memiliki jangkauan hingga sekitar 100 meter, bahkan cukup untuk tata letak panggung yang sangat luas.

Sennheiser Merilis Mikrofon Nirkabel Seri EW-DX di Indonesia
Technical Application Engineering Manager Sennheiser APAC, Kenan Phang saat memberikan pemaparan tentang perangkar mikrofon digital nirkabel EW-DX, di Jakarta. (Foto: Istimewa)

“Sistem EW-DX memanfaatkan pengaturan RF multi-channel yang otomatis, kontrol jarak jauh dan pemantauan yang terukur, serta enkripsi AES-256 untuk transmisi konten yang aman. Bandwidth lebih tinggi dibandingkan dengan EW-D, hingga 88 MHz, memungkinkan lebih banyak saluran untuk diakomodasi,” tutur Franke.

Dari sudut pandang efisiensi spektrum, mikrofon tidak merusak spektrum yang tersedia dengan produk intermodulasinya, sehingga lebih banyak frekuensi transmisi dapat digunakan dan didistribusikan secara merata pada jarak reguler (yang disebut kisi frekuensi berjarak sama atau kisi penyetelan).

Technical Application Engineering Manager Sennheiser APAC Kenan Phang menjelaskan, dalam mode standar – sebagai contoh jarak frekuensi yang sama dengan 600 kHz – EW-DX mampu mengakomodasi hingga 146 link dalam bandwidth peralihannya, dan hingga 293 frekuensi dalam Link Density Mode (LD, pada jarak 300 kHz).

“Dan kehadirannya hanya memerlukan kira-kira 10% dari jangkauan, sehingga Anda akan memiliki kualitas audio dan daya transmisi yang sama hebatnya dalam mode LD juga. Link Density Mode akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk bermanuver dalam spektrum RF yang padat. Sedikit pengurangan jangkauan hampir tidak terlihat selama produksi. EW-DX akan memberi Anda ketenangan, mengetahui bahwa kualitas audio dan daya transmisi tidak akan berkurang. Sinyal akan terdengar bagus, dan akan ditransmisikan dengan andal,” kata dia.

Untuk mendapatkan pembaruan firmware terbaru sejak awal, Kenan pun merekomendasikan untuk mengunduh perangkat lunak Sennheiser Control Cockpit secara gratis pada komputer Microsoft Windows.

“Melakukan pembaruan pada firmware receiver dengan segera memungkinkan Anda mendapatkan manfaat dari fungsi keseluruhan yang ditawarkan. Pada pertengahan 2023, versi baru dari Sennheiser Wireless Systems Manager (WSM, untuk pembaruan firmware dan penggunaan profesional) dan Smart Assist App (untuk operasi yang mudah dari pengaturan yang lebih kecil) juga akan tersedia,” ungkapnya.

Editor: Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+ijaEXDjGdL1lZTE1, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Berita Terkini


Business 40 menit yang lalu

SRC Tambahkan Fitur Inovatif di Aplikasi Ayo

SRC meluncurkan wajah baru aplikasi digital Ayo dengan penambahan sejumlah fitur inovatif terbaru.
Business 43 menit yang lalu

Aruna Buka Lapangan Pekerjaan bagi 5.000 Masyarakat Pesisir

Aruna telah berkembang pesat dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi 5.000 orang di sekitar wilayah pesisir pantai.
Finance 2 jam yang lalu

Cetak Pendapatan US$ 20,4 M, Business Network International Lansir Chapter Magnify

Khusus di Indonesia BNI telah membuka 7 chapter dan akan menjadi 10 chapter dalam waktu dekat.
Market 2 jam yang lalu

PGAS Jadi Saham Recommended, setelah Kabar Ini Keluar

PGAS menjadi saham recommeded begitu kabar pengumuman dividen kakap tahun buku 2022 keluar.
Lifestyle 2 jam yang lalu

Formula E Kembali Digelar, DHL Jadi Mitra Logistik Resmi

Menggunakan bahan bakar bio untuk semua angkutan darat dan laut, DHL memindahkan sekitar 415-ton kargo penting di setiap balapan.

Tag Terpopuler


Copyright © 2023 Investor.id