Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT ABM Investama Tbk (ABMM). Foto: IST

PT ABM Investama Tbk (ABMM). Foto: IST

ABM Investama Sewa Pesawat Khusus untuk Transportasi Karyawan

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 09:46 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Dalam rangka mewujudkan komitmen perusahaan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan serta kelancaran operasi perusahaan, PT ABM Investama Tbk (ABM) menyewa pesawat sebagai moda transportasi khusus untuk karyawan Grup ABM yang bertugas ke daerah.

PT ABM Investama Tbk (ABM) adalah perusahaan pertambangan dan energi terintegrasi dengan kegiatan penambangan batu bara sebagai bisnis inti dan kegiatan penunjang yang berhubungan dengan penambangan batu bara sebagai pendukung dalam rantai nilai pertambangan yang terintegrasi.

PT ABM Investama Tbk merupakan bagian dari Grup Tiara Marga Trakindo (TMT), salah satu kelompok bisnis nasional terbesar di Indonesia yang telah lebih dari 40 tahun berkecimpung di industri alat berat. Hingga saat ini TMT merupakan pemimpin penyedia jasa untuk sektor energi.

Penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta menuju Pekanbaru dan Meulaboh, Aceh yang dilakukan pada (27/10) merupakan penerbangan kedua setelah penerbangan perdana menggunakan pesawat khusus dilaksanakan pada 3 Oktober 2020. Lebih dari 80 orang karyawan Grup ABM yang bertugas dari dan ke Pekanbaru serta Aceh turut dalam penerbangan tersebut.

“Sebagai perusahaan energi terintegrasi yang memiliki area kerja di berbagai daerah di Indonesia, menyewa pesawat khusus untuk transportasi karyawan yang bekerja di beberapa site di Indonesia merupakan strategi perusahaan agar tetap dapat beroperasi di tengah pandemi namun tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan karyawan,” kata Direktur PT ABM Investama Tbk Haris Mustarto.

Menurut dia, keselamatan dan kesehatan karyawan sangat dijunjung tinggi oleh perusahaan. Sebelum terbang dan bertugas ke daerah, karyawan harus mengikuti sejumlah protokol kesehatan yang ditetapkan perusahaan. Diantaranya, karyawan wajib menjalani tes PCR yang disiapkan oleh perusahaan untuk memastikan kesehatan dan diisolasi di hotel khusus yang sudah disiapkan. Selama masa karantina semua kebutuhan karyawan juga disediakan oleh perusahaan.

Tidak hanya itu, transportasi dari hotel ke bandara dan sebaliknya juga disediakan oleh perusahaan secara khusus dengan penerapan protokol Covid-19 yang ketat, termasuk juga memastikan kesehatan awak pesawat. Penerapan protokol yang sama juga berlaku untuk karyawan yang selesai bertugas di daerah dan hendak kembali ke Jakarta.

ABM adalah induk usaha sejumlah perusahaan diantaranya PT Reswara Minergi Hartama yang beroperasi di Aceh dan Kalimantan Selatan, PT Cipta Kridatama perusahaan kontraktor tambang, PT Sanggar Sarana Baja perusahaan di bidang manufaktur dan PT Prima Wiguna Parama di bidang penyedian fuel dan lubricant yang beroperasi di sejumlah daerah di Indonesia, serta PT Cipta Krida Bahari perusahaan logistik yang memiliki area kerja di Jakarta, Surabaya, Balikpapan dan berbagai daerah di Indonesia.

Dengan tersebarnya daerah operasi Grup ABM di seluruh Indonesia, penerbangan kedua tersebut berjalan dengan sukses selain untuk menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan Grup ABM, juga untuk menjaga kelancaran operasi perusahaan, sehingga direncanakan dapat diterapkan untuk rute-rute lainnya.

“Keselamatan dan kesehatan karyawan adalah prioritas perusahaan karena mereka adalah aset utama kami. Penggunaan pesawat khusus ini bukan merupakan fasilitas kemewahan namun justru dapat mengefisiensikan biaya operasional dimana semua perusahaan di dunia termasuk di Indonesia sangat terdampak oleh pandemi ini.” Lanjut Haris.

Di tengah pandemi Covid-19, perusahaan terus beradaptasi dengan pola bisnis baru dan berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. “Kami optimistis di tengah kondisi pandemi, perusahaan tetap dapat beroperasi secara baik dan berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutup Haris.

 

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN