Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta

ACI Nobatkan 3 Bandara AP II Paling Higienis se-Asia Pasifik Cegah Covid-19

Selasa, 2 Maret 2021 | 16:13 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Airport Council International (ACI) pada Senin (1/3/2021) mengumumkan nama-nama bandara di dunia yang paling baik dalam menjalankan program untuk memperkuat aspek higienis guna pencegahan Covid-19.

Bandara terbaik tersebut meraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region. Khusus untuk kawasan Asia Pasifik, terdapat tujuh bandara yang meraih penghargaan ini di mana tiga bandara ada di Indonesia, tiga bandara di India, dan satu bandara di Tiongkok.

Adapun ketiga bandara di Indonesia yang dinobatkan sebagai peraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) itu seluruhnya adalah bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero), yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), dan Bandara Depati Amir (Pangkalpinang).

Penghargaan Best Hygiene Measures by Region sendiri merupakan kategori baru dari Airport Service Quality (ASQ) Awards 2020, di mana pada kategori ini yang diukur adalah efektivitas dari program keselamatan & higienis, kejelasan rambu dan instruksi terkait program keselamatan dan higienis, kemampuan staf bandara dalam mengaplikasikan program keselamatan dan higienis.

Selain itu juga diukur terkait tingkat kepercayaan traveler terkait program keselamatan dan higienis, serta tingkat tekanan berdasar pengalaman.

“Penghargaan ini memberikan bandara suatu metode andal untuk mengukur respons pelanggan terhadap tindakan [protokol] kesehatan dan mengakui keberhasilan bandara dalam merespons fokus [pelanggan] terhadap aspek higienis,” jelas ACI dalam keterangan tertulis pada 1 Maret 2021.

Sementara itu, Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira, dalam suratnya kepada Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, mengatakan, di tengah tahun yang sulit dan penuh tantangan ini, pelanggan Angkasa Pura II telah mengutarakan pendapat dan mengakui kesuksesan tim Angkasa Pura II dalam mewujudkan customer experience yang luar biasa pada situasi menantang.

Di sisi lain, Muhammad Awaluddin mengatakan, pencapaian tiga bandara ini merupakan keberhasilan seluruh stakeholders dalam menerapkan protokol kebersihan dan kesehatan.

“Prestasi Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Husein Sastranegara, dan Bandara Depati Amir bukan hanya keberhasilan semata AP II, tetapi juga seluruh stakeholder antara lain Otoritas Bandara Kemenhub, maskapai, KKP Kemenkes, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina, TNI/Polri, pihak ground handling, dan juga Satgas Udara Penanganan Covid -19 yang sangat menjaga berjalannya protokol kesehatan,” ujar Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin menambahkan, bandara yang memiliki peran paling vital di tengah pandemi Covid-19 adalah Bandara Soekarno-Hatta dan stakeholder mampu menjaga operasional bandara dengan baik.

“Kami berterima kasih atas kerja keras, kolaborasi dan sinergitas seluruh stakeholder sehingga Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi ini dapat menerapkan protokol kebersihan terbaik di Asia Pasifik guna pencegahan Covid -19, sehingga dapat tetap mempertahankan konektivitas penerbangan internasional dan menjalankan peran sebagai bandara jangkar rute domestik di Indonesia,” ujar Muhammad Awaluddin.

Direktur Utama Angksasa Pura II Muhamad Wasid mengatakan, di tengah pandemi ini perseroan untuk pertama kalinya di Indonesia memperkenalkan konsep Biosafety dan Biosecurity Management dalam memperkuat aspek higienis di seluruh bandara.

Biosafety Management memiliki sejumlah program untuk memutus mata rantai penularan bahaya biologi, yakni biohazard precautions, environment screening, infrastructure sterilization, public health assurance, dan laboratory testing facilities.

"Perseroan juga menerapkan Biosecurity Management di bandara, terdiri dari ketentuan physical distancing, health screening, passenger touchless processing, facility cleanliness dan people protection," ujar Muhamad Wasid.

ASQ Awards 2020

Adapun pada ASQ Award 2020, total tujuh bandara AP II berhasil meraih penghargaan, yaitu:  

- Soekarno-Hatta: Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific)

- Husein Sastranegara Bandung: Best Airport by Size and Region (2 to 5 million passengers per year in Asia-Pasific); Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific)

- Depati Amir Pangkalpinang: Best Airport by Size and Region (under 2 million passengers per year in Asia-Pacific); Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific)

- Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang: Best Airport by Size and Region (2 to 5 million passengers per year in Asia-Pacific)

- Supadio Pontianak: Best Airport by Size and Region (2 to 5 million passenger per year in Asia-Pacific)

- Sultan Thaha Jambi: Best Airport by Size and Region (under 2 million passengers per year in Asia-Pacific)

- Silangit: Best Airport by Size and Region (under 2 million passengers per year in Asia-Pacific)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN