Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengunjungi booth Warkop Digital di acara talkshow Antara Tren, Produk dan Konsumen di Hotel Papandayan Bandung, Jawa Barat pada Jumat (4/6/2021). Foto: IST

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengunjungi booth Warkop Digital di acara talkshow Antara Tren, Produk dan Konsumen di Hotel Papandayan Bandung, Jawa Barat pada Jumat (4/6/2021). Foto: IST

Airlangga Dorong Alumni Kartu Prakerja Berani Usaha Kopi di Warkop Digital

Senin, 7 Juni 2021 | 10:58 WIB
Yustinus Paat

JAKARTA, investor.id   - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meminta kepada alumni Kartu Prakerja agar berani berwirausaha Warung Kopi (Warkop) Digital di tiap desa atau kelurahan tempat tinggalnya. Para alumni, kata Airlangga bisa  memanfaatkan fasilitas pembiayaan kredit usaha mikro (KUR) super mikro yang disediakan pemerintah.

 

Airlangga menyampaikan hal ini saat menghadiri acara talk show ‘Antara Tren, Produk dan Konsumen’ di Hotel Papandayan Bandung, Jawa Barat pada Jumat (4/6/2021) lalu.

Menurut Airlangga, masyarakat yang telah mengikuti Kartu Prakerja mendapat peluang lebih mudah untuk mendapatkan modal dari KUR super mikro.

"Para lulusan dari program kartu prakerja bisa ditawarkan untuk kredit usaha rakyat super mikro yang besarnya di bawah Rp 10 juta. Ini semakin terbuka lebar kesempatan untuk bisa meningkatkan ekonomi rakyat di tengah pandemi Covid-19 dengan cara modern,” kata Airlangga.

Ia menjelaskan, fasilitas pembiayaan KUR super mikro merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada peserta program Kartu Prakerja yang terkena PHK. Tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan warga Indonesia melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengunjungi booth Warkop Digital di acara talkshow Antara Tren, Produk dan Konsumen di Hotel Papandayan Bandung, Jawa Barat pada Jumat (4/6/2021). Foto: IST
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengunjungi booth Warkop Digital di acara talkshow Antara Tren, Produk dan Konsumen di Hotel Papandayan Bandung, Jawa Barat pada Jumat (4/6/2021). Foto: IST

“Targetnya pada 2024 mendatang, rasio kewirausahaan nasional dapat mencapai 3,9% dengan pertumbuhan wirausaha 4%,” ujar Airlangga.

Sementara itu penggagas Warkop Digital, Dedi Yudianto mengatakan, kehadiran Warkop Digital dari Sabang hingga Merauke dan Miangas hingga Rote akan menyokong kampanye digitalisasi UMKM pemerintah. Selain itu, dapat berpotensi mewujudkan 10 juta lapangan pekerjaan, terutama untuk membangun ekonomi desa pasca pandemi Covid-19 dan memberikan basis ekonomi digital di setiap desa.

“Warung Kopi Digital merupakan program wirausaha mandiri dengan memanfaatkan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran, percepatan akses dan pelayanan informasi, sekaligus membangun usaha mikro untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” kata Dedi.

Menurutnya, Warkop Digital bukan hanya sebagai pusat bisnis UMKM desa, tetapi juga pembelajaran digital, fasilitas bursa kerja dan usaha kreatif desa, yang semuanya akan dikelola oleh alumni prakerja yang sudah mendapatkan pelatihan dan sertifikat.

“Alumni Prakerja dapat menjadi salah satu dari ratusan keagenan digital yang akan hadir di desa dan kelurahan,” jelasnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah menjalin mitra edukator Bencoolen Coffe dengan membuka kelas pelatihan berjudul ‘Barista Pemula dan Wirausaha Kopi Kekinian dengan Modal Minim’. Tercatat ada 21.000 alumni prakerja dari kelas ini yang tersebar di sleuruh indonesia untuk menjadi calon wirausaha dalam bidang industri perkopian dan layanan digital.

Oleh karena itu, Bencoolen Coffee tengah membangun Warkop Digital untuk fasilitasi wadah kumpul digital dengan dukungan kopi Bengkulu sebagai penggerak. Kemudian melibatkan berbagai jenis kopi dari sabang sampai Merauke untuk dihidangkan di setiap Warkop Digital di desa dan kelurahan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN