Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dari kiri ke kanan, Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate, Ketua Penyelenggara B20 Indonesia Shinta Kamdani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dan Menteri BUMN RI Erick Thohir saat Opening Ceremony Inception Meeting B20 Indonesia Summit 2022 di Jakarta, Kamis (27/1/2022).  Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Dari kiri ke kanan, Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate, Ketua Penyelenggara B20 Indonesia Shinta Kamdani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dan Menteri BUMN RI Erick Thohir saat Opening Ceremony Inception Meeting B20 Indonesia Summit 2022 di Jakarta, Kamis (27/1/2022). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Airlangga Harapkan B20 Percepat Anggota G20 Penuhi Target Zero Emission

Jumat, 28 Januari 2022 | 10:41 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto  mengharapkan forum Business 20 (B20) dapat membantu mempercepat anggota G20 memenuhi target net zero emission. Oleh karena itu dibutuhkan mitra di sektor bisnis untuk memastikan pemulihan yang lebih hijau.

“Dengan bantuan B20, G20 dapat bergerak cepat ke implementasi sektor energi dengan menempatkan kerangka kerja untuk mencapai tujuan dari Paris Agreement,” kata Menko Airlangga saat menyampaikan Welcoming Speech pada Inception Meeting B20 yang disaksikan secara daring di Jakarta, Kamis malam (27/1)

Menurutnya tanpa dukungan secara finansial dan berkelanjutan, G20 tidak dapat mencapai target net zero emission pada pertengahan abad ini. Oleh karena itu, ia meminta B20 memainkan peran kunci dalam mendukung G20 mencapai pertumbuhan yang inklusif, kuat dan berkelanjutan, sehingga komunitas bisnis dan pemerintah harus bersinergi.

Tak hanya itu, kelompok negara yang tergabung dalam B20 juga harus mengesampingkan perbedaan politik dan meningkatkan kolaborasi dengan anggota B20 lainnya. Pandemi, katanya, harus dioptimalkan sebagai peluang untuk membangun kembali masa depan yang lebih cerah.

“Sebagai Ketua G20 dengan arahan yang jelas dari Presiden Joko Widodo, Indonesia sebagai anggota G20 terlibat untuk mendukung perubahan dalam tiga prioritas utama global yakni kesehatan, digitalisasi dan transisi energi untuk menopang ekonomi menjadi lebih tangguh, inklusif dan berkelanjutan,” jelasnya.

Airlangga mengaskan bahwa semua negara tidak bisa menunggu kasus menjadi nol untuk mencapai kegiatan. Tetapi harus tetap bisa beradaptasi (living with endemic) dan memperkuat kesehatan agar lebih kuat melawan virus Covid-19 dan mempercepat vaksinasi.

“Untuk mencapai tujuan seperti yang ditetapkan pada pertemuan puncak G20 untuk memvaksin setidaknya 70% dari populasi global pada pertengahan 2022. Ini adalah tugas kolektif mendesak yang membutuhkan B20 untuk membantu meningkatkan akses ke vaksinasi. Dan diversifikasi kemampuan manufaktur, terutama di negara-negara berkembang,”tuturnya.

Kebijakan kesehatan yang lebih kuat adalah kunci untuk strategi keluar. G20 bekerja untuk memperkuat arsitektur kesehatan global

Selain itu, kontribusi B20 juga diperlukan untuk meningkatkan akses vaksinasi dan diversifikasi kemampuan manufaktur, terutama di negara berkembang. Kemudian membentuk finance health task force dengan tujuan mengembangkan mekanisme mobilisasi untuk pandemi, pencegahan, kesiapsiagaan dan respons dalam mengendalikan pandemi yang menjadi kunci pemulihan ekonomi.

“Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan melalui penguatan deteksi, pengawasan, terapi, protokol kesehatan dan vaksinasi. Kami juga akan menerapkan langkah pencegahan untuk meminimalkan penyebaran Covid-19,” ujar Airlangga.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN