Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Ist)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Ist)

Airlangga Pastikan Sertifikasi Produk Halal UMKM Gratis

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 14:33 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan sertifikasi halal untuk produk pelaku UMKM tidak akan dikenakan biaya. Hal ini sesuai dengan aturan dalam Undang Undang (UU) Cipta Kerja.

Ia mengatakan, sertifikasi halal gratis bagi pelaku UMKM  dapat  memberikan kepastian status halal bagi produk UMKM dan mendorong gairah pelaku UMKM untuk menjual produk di pasar dalam negeri bahkan melakukan ekspor.

“Kemudian tentunya diharapkan sertifikasi halal tidak  ada risiko atau low risk, sehingga pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualan produk di dalam negeri dan dapat melakukan ekspor”tuturnya.

Kemudian untuk perusahaan mikro dan kecil, kewajiban bersertifikat halal ada yang bersifat pernyataan halal tentu berbasis pada sistem ketelusuran (traceability).

Selain itu, pemerintah juga memperluas lembaga pemeriksa halal yang dapat juga dilakukan oleh Ormas Islam, dan Perguruan Tinggi Negeri.

"Kalau kita melihat jaminan produk halal dalam UU Ciptaker ini dilakukan oleh sidang fatwa MUI kemudian ada lembaga pemeriksa halal," kata Airlangga.

Kendati begitu, ia mengatakan bahwa berbagai rincian terkait implementasi sertifikasi halal akan dibahas dalam Peraturan Pemerintah atau PP..

Wapres Maruf Amin. Sumber: BSTV
Wapres Maruf Amin. Sumber: BSTV

Pada kesempatan yang sama, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan program sertifikasi halal produk ekspor yang diimplementasikan secara kuat akan menjadikan produk Indonesia diperhitungkan, memiliki daya saing global.

Selain itu, juga akan membuka akses pasar secara lebih luas, serta menarik permintaan dari negara-negara tujuan ekspor.

“Sertifikasi produk halal ekspor diharapkan dapat dimaknai oleh para eksportir sebagai peningkatan nilai tambah dari produk mereka, meningkatkan competitiveness yang berujung kepada meningkatnya nilai ekspor produk halal Indonesia, dan tentunya akan memberikan kontribusi positif terhadap neraca perdagangan Indonesia,” ujarnya.

Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani

Pada kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah tengah menyiapkan insentif  gratis biaya sertifikasi produk halal bagi UMKM.

"Produk halal untuk usaha kecil menengah sesuai UU Cipta Kerja, kami sedang siapkan bagaimana cara memberikan tarif nol persen bagi UMKM, terutama di bidang makanan untuk mendapatkan sertifikat halal. Jadi mereka tidak terbebani aspek compliance atau kepatuhan dari sisi bisnis,” tuturnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN