Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Anindya Bakrie . Foto: wikipedia

Anindya Bakrie . Foto: wikipedia

Anindya Bakrie Layak Jadi Ketum Kadin, Andi Bachtiar: Sesuai Tradisi Kadin

Minggu, 28 Februari 2021 | 15:55 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id  – Nama Anindya Bakrie belakangan banyak disebut sebagai sosok yang pantas menggantikan Rosan P Roeslani sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Rosan akan menjadi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat menggantikan Muhammad Lutfi yang ditarik menjadi Menteri Perdagangan.

Ketua Komite Tetap ICT Agribisnis Kadin Indonesia, Andi Bachtiar Sirang mengungkapkan, munculnya nama Anindya Bakrie dalam bursa calon Ketua Umum Kadin sebetulnya merupakan sesuatu yang natural dan sudah menjadi tradisi di Kadin. Apalagi Anindya saat ini mengemban tugas sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Pemberdayaan Daerah.

Menurut Andi Bachtiar, dari sekian banyak Wakil Ketua Umum Kadin, wakil di bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Pemberdayaan Daerah memang kerap menjadi “orang kedua” di Kadin. Misalnya ketika Ketua Umum Kadin MS Hidayat di tahun 2009 diangkat menjadi Menteri Perindustrian, penggantinya adalah Adi Putra Tahir yang ketika itu menjadi wakil bidang organisasi dan SDM.

Kemudian dalam Musyawarah Nasional (Munas), akhirnya terpilih Suryo Bambang Sulisto sebagai Ketua Umum Kadin periode 2010-2015, di mana Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Pemberdayaan Daerah adalah Anindya Bakrie.

“Anindya Bakrie merupakan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Pemberdayaan Daerah di dua periode. Sehingga kalau belakangan ada yang menyebutnya sebagai calon kuat Ketua Umum Kadin, saya rasa itu sesuatu yang alamiah di dalam tradisi Kadin karena selama dua periode dia menjadi orang nomor dua di Kadin,” kata Andi Bachtiar kepada Beritasatu.com, Minggu (28/2/2021).

Andi menambahkan, sebagai organisasi yang membawahi para pengusaha, sosok Ketua Umum Kadin memang harus dari kalangan pengusaha. Selain itu, pemimpin Kadin juga harus bisa bekerja sama dengan pemerintah.

“Selain harus berasal dari kalangan pengusaha, Ketua Umum Kadin  harus bisa bekerja sama dengan pemerintah karena organisasi Kadin dibentuk dalam rangka membantu pemerintah menjalankan pembangunan ekonomi, membantu mendorong pertumbuhan ekonomi, dan bagaimana meningkatkan investasi untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja,” kata Andi Bachtiar.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN