Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wisata TMII. Foto: Investor Daily/IST

Wisata TMII. Foto: Investor Daily/IST

Antipasi Lonjakan Pengunjung, TMII Buka Tutup Gerbang pada Sabtu-Minggu

Jumat, 14 Mei 2021 | 22:19 WIB
Yustinus Paat

JAKARTA, investor.id  - Kepala Bagian Humas Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Adi Widodo mengatakan pihaknya bakal menerapkan sistem buka tutup gerbang pada Sabtu (15/5/2021) hingga Minggu (16/5/2021). Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung ke TMII.

“Kita memprediksikan besok dan Minggu akan ada lonjakan pengunjung ke TMII. Karena itu, kita siapkan skenario buka tutup gerbang,” ujar Adi saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (14/5/2021) malam.

Adi menuturkan sistem bukan tutup gerbang ini untuk memastikan bahwa di dalam kawasan TMII tidak lebih dari 30% kapasitas TMII atau 18.000 pengunjung dalam waktu yang sama. Nanti akan diatur, jika sudah mencapai 18.000 pengunjung di dalam TMII, maka gerbang akan ditutup dan jika ada pengunjung yang keluar, gerbang kembali dibuka.

“Kita prediksikan besok dan minggu bisa mencapai 25.000 hingga 30.000 pengunjung. Kita akan atur 3 pintu TMII untuk terapkan sistem buka tutup,” tandas dia.

Selain itu, lanjut Adi, jika memang banyak pengunjung, maka pintu keluar di gerbang juga akan dimanfaatkan dan dibuka untuk dijadikan tempat masuk kendaraan sehingga tidak menumpuk. Pengaturannya, kata dia, akan dinamis dan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

“Terkait pengunjung, kita memang mengutamakan yang ber-KTP DKI Jakarta. Karena itu, kita imbau yang tidak ber-KTP DKI Jakarta untuk menjadwalkan ulang kunjungan ke TMII. Tetapi kalau sudah di gerbang, kita tentu mengizinkan masuk. Kita tetap imbau untuk menunda dulu ke TMII khusus yang ber-KTP luar DKI Jakarta,” harap dia.

Lebih lanjut, Adi mengatakan para petugas juga sudah siap baik petugas internal TMII, TNI dan Polri yang akan membantu memastikan keamanan dan penerapan protokol kesehatan. Para petugas nanti akan terus berkeliling mengingatkan warga dengan toa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan khususnya memakai masker dan menjaga jarak satu sama lain.

“Para petugas selalu siap melayani pengunjug, memastikan keamanan dan penerapan protokol kesehatan,” pungkas Adi.

Sebagaimana diketahui, pada hari pertama lebaran, Kamis (13/5/2021), jumlah pengunjung TMII sebanyak 12.469 orang. Hari ini kemudian mengalami lonjakan hampir 2 kali lipat menjadi 22.974 pengunjung. Dalam situasi normal, pengunjung TMII bisa mencapai angka 60.000 pengunjung.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN