Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bandara Juanda. Foto: wikipedia

Bandara Juanda. Foto: wikipedia

AP I Alihkan Penerbangan Domestik dari T2 ke T1 Bandara Juanda

Thresa Sandra Desfika, Minggu, 19 April 2020 | 17:35 WIB

JAKARTA, investor.id  - PT Angkasa Pura I (Persero) memindahkan sementara operasional penerbangan domestik dari Terminal 2 (T2) ke Terminal 1 (T1) Bandara Juanda, Surabaya terhitung mulai 22 April 2020.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menjelaskan, pemindahan sementara ini merupakan upaya lanjutan dalam mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 sekaligus langkah pengoptimalan penggunaan T1 sekaligus efisiensi kegiatan operasional T2 di tengah menurunnya trafik penumpang akibat pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan prinsip keselamatan, keamanan, pelayanan, dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.

"Adapun penerbangan domestik yang akan dipindahkan sementara dari T2 ke T1 Bandara Juanda, yaitu penerbangan domestik yang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dan AirAsia. Dengan kepindahan ini maka seluruh penerbangan domestik dari dan ke Bandara Juanda akan dilayani di Terminal 1," terang Faik dalam keterangannya, Minggu (19/4).

Direktur Utama AP I Faik Fahmi. Foto: IST
Direktur Utama AP I Faik Fahmi. Foto: IST

Dia menambahkan, untuk penerbangan internasional, walaupun mayoritas maskapai telah menghentikan penerbangan internasional, tetap dilayani di T2, khususnya bagi penerbangan yang melayani kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) akibat berhenti beroperasinya perusahaan tempat mereka bekerja di negara tersebut.

"Pemindahan sementara ini merupakan upaya lanjutan untuk mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus upaya efisiensi di tengah menurunnya trafik penumpang akibat pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan prinsip keselamatan, keamanan, pelayanan, dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku," ujar Faik Fahmi.

Adapun penerbangan domestik Garuda Indonesia yang dipindahkan dari T2 ke T1, yaitu penerbangan dengan rute dari dan menuju Jakarta, Semarang, Lombok, Denpasar, Kupang, Makassar, dan Bandung dengan jumlah penerbangan harian sekitar 9-20 penerbangan per hari bergantung pada tingkat keterisian pesawat.

Sedangkan AirAsia Indonesia sejak 1 April 2020 telah menghentikan sementara layanan penerbangan yang akan dilakukan hingga Mei.

"Perpindahan sementara ini rencananya akan dilakukan hingga September. Jika kondisi penerbangan sudah kembali bergeliat, maka penerbangan domestik maskapai Garuda Indonesia dan AirAsia akan kembali ke T2," pungkas Faik.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN