Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ruang check-in maskapai penerbangan domestik Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soetta. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Ruang check-in maskapai penerbangan domestik Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soetta. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

AP I dan AP II Siapkan Posko Pemeriksaan di Bandara

Thresa Sandra Desfika, Kamis, 7 Mei 2020 | 16:32 WIB

JAKARTA, investor.id - PT Angkasa Pura (AP) I dan AP II menyiapkan posko penjagaan dan pemeriksaan terhadap orang yang akan melakukan perjalanan udara melalui bandara kelolaannya mulai 7 Mei 2020.

Hal ini merupakan upaya untuk mendukung kelancaran perjalanan penumpang pesawat udara pada masa larangan mudik yang terbatas pada beberapa kriteria tertentu sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Sejalan dengan itu Ditjen Perhubungan Udara menerbitkan Surat Edaran (SE) No. 31 tahun 2020 tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Udara Selama Masa Dilarang Mudik Idul Fitri 1441 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Angkasa Pura I menyambut baik dan mendukung arahan pemerintah tersebut dengan membentuk posko pengamanan dan pemeriksaan di bandara yang dilengkapi dengan fasilitas penyelenggaraan protokol kesehatan," ujar Direktur Utama AP I Faik Fahmi dalam keterangannya, Kamis (7/5).

Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulonprogo di Kulonprogo, Yogyakarta. Foto: IST
Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulonprogo di Kulonprogo, Yogyakarta. Foto: IST

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga memberikan dan melaksanakan rekomendasi slot time apabila terdapat maskapai yang mengajukan perubahan jadwal penerbangan sesuai dengan jam operasional masing-masing bandara.

Faik menekankan, dalam melakukan berbagai upaya itu, AP I senantiasa memperhatikan protokol kesehatan dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 18 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 serta selalu berkoordinasi dengan otoritas bandar udara, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Polisi, TNI, pemerintah daerah, Gugus Tugas Covid-19 daerah, dan instansi terkait lainnya.

Di sisi lain, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, seluruh bandara perseroan yang berjumlah 19 bandara mulai 7 Mei 2020 sudah mengaktifkan posko penjagaan dan pemeriksaan yang dilengkapi fasilitas kesehatan untuk mendukung kelancaran operasional bandara dan penerbangan.

“Pengaktifan posko berkoordinasi dengan stakeholders lainnya, seperti TNI, Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, pemerintah daerah, Gugus Tugas Covid-19 daerah, dan instansi lainnya. Posko diharapkan dapat mendukung kelancaran penerbangan dan operasional bandara," ujar Muhammad Awaluddin.

AP II, terang Awaluddin, juga mendukung ketersediaan slot time jika ada maskapai yang melakukan perubahan jadwal penerbangan guna melayani perjalanan penumpang yang masuk dalam kriteria pengecualian.

Sementara itu, terkait dengan tiket penerbangan, sebut Awaluddin, SE No. 31 tahun 2020 yang diterbitkan Ditjen Perhubungan Udara menjelaskan bahwa penjualan tiket penerbangan tidak boleh dilakukan di bandara.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN