Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Soekarno-Hatta dilengkapi skytrain sbg feeder antar terminal . Foto: dok. Angkasa Pura II

Soekarno-Hatta dilengkapi skytrain sbg feeder antar terminal . Foto: dok. Angkasa Pura II

AP II Targetkan 30% Slot Time Digunakan Maskapai di 19 Bandara

Minggu, 5 Juli 2020 | 15:28 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menargetkan slot time di 19 bandara dapat digunakan rata-rata 30% pada Juli 2020. Adapun pada Maret-Juni 2020, rata-rata slot time yang digunakan di 19 bandara AP II berkisar 10-20% dari kondisi normal sebelum pandemi Covid-19.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, perseroan bersama stakeholders penerbangan mengupayakan lalu lintas penerbangan dapat pulih kembali mulai bulan ini.

“Mulai Juli 2020, kami menekankan dimulainya recovery lalu lintas penerbangan guna mendukung aktivitas perekonomian di Indonesia. Fokus pemulihan pada tahap awal adalah rute domestik untuk memperkuat konektivitas kota-kota di Indonesia. Tentunya sektor penerbangan nasional tetap mengedepankan protokol kesehatan dan keamanan,” ujar Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Minggu (5/7).

Presiden Direktur PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menunjukan data penerbangan saat memberikan penjelasan kepada wartawan terkait prosedur yang harus dipenuhi penumpang pesawat yang akan terbang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (10/5/2020). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal
Presiden Direktur PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.  Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Dia melanjutkan, tahap awal recovery pada bulan ini , AP II menargetkan slot time di 19 bandara dapat digunakan 30%. 

Misalnya, kata Awaluddin, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam satu hari terdapat 1.100 slot time penerbangan sebelum pandemi Covid-19. Karenanya, ditargetkan dalam satu hari di bandara tersibuk di Indonesia itu dapat digunakan sebanyak 330 slot time pada Juli 2020.

Slot time ditargetkan meningkat bertahap. Pada Juli ini, kami targetkan rata-rata 30% dari sebelumnya di tengah pandemi ini berkisar 10%-20%. Kemudian pada tahap berikutnya target akan ditingkatkan,” ujar Muhammad Awaluddin.

Dia menuturkan, optimalisasi slot time dapat dilakukan melalui pengaktifan kembali rute-rute yang masih ditutup. AP II bersama maskapai tengah berkoordinasi intensif terkait hal ini. Pengaktifan kembali rute-rute yang diikuti dengan meningkatnya permintaan akan dapat meningkatkan utilitasi pesawat.

Selain itu, AP II berupaya agar frekuensi penerbangan di rute-rute yang sudah aktif dapat ditingkatkan sehingga memberikan banyak alternatif jadwal penerbangan bagi masyarakat.

Awaluddin mengatakan, AP II juga akan mengembalikan jam operasional seperti ketika beroperasi di masa normal. Hal ini guna meningkatkan kesiapan bandara menyusul naiknya lalu lintas penerbangan sejalan optimalisasi slot time, pengaktifan kembali rute penerbangan, dan peningkatan frekuensi di setiap rute. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN