Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kebakaran hutan. Foto ilustrasi: beritasatu.com

Kebakaran hutan. Foto ilustrasi: beritasatu.com

APHI Apresiasi Perusahaan yang Bantu Cegah Karhutla

Ridho Syukra, Kamis, 5 Desember 2019 | 16:55 WIB

JAKARTA, investor.id – Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Indonesia selama periode Januari-September 2019 dinilai telah dilakukan secara maksimal melalui kerja sama dan kolaborasi semua pihak termasuk dukungan sarana dan prasarana dari perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI).

Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Purwadi Soeprihanto mengatakan perusahaan HTI menjadi satu kesatuan dari Satgas Karhutla di setiap Provinsi. Upaya pencegahan dan pengendalian Karhutla yang sudah dilakukan HTI antara lain penerapan penyiapan lahan tanpa bakar (zero burning), peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan tata kelola gambut.

Perusahaan HTI juga telah mengembangkan pemantauan hotspot secara terintegrasi yang memungkinkan dapat dimonitor secara langsung dari situation room. Jika terdapat tanda tanda kebakaran maka dapat dilakukan tindakan pemadaman di lapangan dan situation room ini menjadi sangat penting.

"Beberapa perusahaan HTI bahkan ada yang sudah menggunakan peralatan canggih seperti Helicopter Water Bombing," kata Purwadi di Jakarta, Kamis (5/12).

Atas upaya yang dilakukan maka tiga perusahaan HTI yang merupakan mitra APP Sinar Mas yaitu PT Bumi Mekar Hijau, PT Bumi Andalas Permai, dan PT Rimba Hutani Mas mendapatkan penghargaan dari Gubernur Sumatera Selatan dan APHI. Penghargaan yang diterima merupakan apresiasi yang cukup tinggi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Kejadian Karhutla sepanjang tahun 2019 bisa dijadikan evaluasi bersama dan pengawasan harus lebih ditingkatkan lagi dan kolaborasi semua pihak memang dibutuhkan dan tidak bisa bekerja sendiri sendiri. HTI akan terus membantu pemerintah untuk mencegah terjadinya karhutla dan akan menggunakan kecanggihan teknologi.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA