Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Deklarasi Arsjad Rasjid  HO/Dok. pribadi

Deklarasi Arsjad Rasjid HO/Dok. pribadi

Arsjad Rasjid: Indonesia Berhak Dapatkan Manfaat Green Economy

Senin, 24 Mei 2021 | 14:30 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid mengatakan Indonesia berhak mendapatkan  manfaat dari perkembangan dunia yang kini mengarah pada green economy  (ekonomi hijau). 

Arsjad yang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, periode 2021-2026 menyatakan, sebagai salah satu paru-paru terbesar dunia, Indonesia wajib mendapatkan manfaat besar dari hutan tropis dan hutan mangrove yang dimiliki.

“Saat ini, gaya hidup  hijau semakin berkembang  dan telah menjadi konsep yang populer,  karena semakin banyak  entitas mengakui adanya kebutuhan mendesak dan berbagai manfaat dari praktik green economy yang berkelanjutan,” kata  Arsjad di Jakarta, pada Senin (24/5/2021).

Ia mengatakan, green economy  yang menekankan pada pertumbuhan ekonomi yang kuat dan  ramah lingkungan akan mendukung Indonesia  mewujudkan pertumbuhan ekonomi  yang dapat mengurangi kemiskinan dan memastikan inklusi sosial, kelestarian lingkungan, serta efisiensi sumber daya.

Menurut Arsjad, green economy  berbeda dengan model pembangunan konvensional yang mengandalkan praktik yang tidak berkelanjutan,  seperti pengurasan dan penghancuran sumber daya alam.

 “Green economy  merupakan suatu gerakan terkoordinasi   yang mengutamakan  pertumbuhan ekonomi yang menjunjung tinggi  keberlanjutan lingkungan, penurunan tingkat kemiskinan,  dan keterlibatan sosial yang didorong  pengembangan serta pemanfaatan sumber daya global secara berkelanjutan,” jelas dia.

Arsjad mengatakan,  salah satu langkah nyata yang dilakukan pemerintah dalam  penerapan green economy  adalah transformasi energi menuju energi baru dan terbarukan. 

Green economy, green technology, dan green product harus diperkuat agar kita bisa bersaing di pasar global,” katanya.

Arsjad juga mengapresiasi langkah nyata pemerintah untuk membangun  green industrial park (kawasan industri hijau) di Kalimantan Utara, di mana  pemerintah akan memanfaatkan hydropower  di Sungai Kayan sehingga dapat  menghasilkan energi hijau, energi baru terbarukan  yang nantinya  akan disalurkan ke kawasan industri hijau, dan menghasilkan   produk-produk hijau. 

Selain itu, lanjutnya, Indonesia  juga memiliki  kekuatan besar di sektor blue economy  karena  sangat  kaya  biodiversity di laut. 

“Kita harus memanfaatkan secara bijak anugerah Tuhan ini untuk  menyejahterakan rakyat dengan tetap menjaga alam dan keberlanjutan produksi. Sustainable blue economy menjadi agenda yang harus diprioritaskan di semua wilayah pantai yang kita miliki,” kata Arsjad. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN