Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Calon Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026 Arsjad Rasjid berdialog dengan para pengusaha yang tegabung dalam sejumlah asosiasi pengusaha nasional. Dalam dialog itu terungkap bahwa Kadin bisa menjadi mitra utama pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional di tengah terpaan pandemi Covid-19 di Jakarta, Jumat (9/4).

Calon Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026 Arsjad Rasjid berdialog dengan para pengusaha yang tegabung dalam sejumlah asosiasi pengusaha nasional. Dalam dialog itu terungkap bahwa Kadin bisa menjadi mitra utama pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional di tengah terpaan pandemi Covid-19 di Jakarta, Jumat (9/4).

Arsjad Rasjid: Pemulihan Kesehatan Kunci Kebangkitan Ekonomi

Minggu, 9 Mei 2021 | 23:38 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kandidat Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menekankan, pemulihan kesehatan sebagai kunci kebangkitan ekonomi. Hal itu merupakan bagian dari visi misi Arsjad menuju Kadin 1.

"Mencalonkan diri menjadi ketua umum Kadin Indonesia pasti telah melewati proses pertimbangan yang matang dan panjang," kata Arsjad, akhir pekan lalu.

Arsjad menjelaskan, ada beberapa poin yang akan menjadi fokus dirinya dalam mengembangkan Kadin ke depannya, yakni kesehatan, ekonomi nasional dan daerah, kewirausahaan dan kompetisi, serta internal organisasi dan regulasi.

"Kadin akan menjadi partner utama pemerintah dalam menangani Covid-19 melalui kerja sama peningkatan sumber daya manusia (SDM) kesehatan serta penguatan infrastuktur kesehatan," tegas Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pengembangan Usaha ini.

Arsjad mengatakan, pihaknya juga akan mengangkat potensi setiap daerah di Indonesia melalui promosi industri kreatif dan destinasi pariwisata baru, dan mempercepat implementasi digital 4.0. "Selain itu, mendorong implemenasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), mengembangkan infrastuktur nasional, investasi dan mengakselerasi energi terbarukan," kata Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk (INDY) ini.

Di bidang kewirausahaan dan kompetisi, Arsjad berjanji akan membangun SDM nasional yang kompetetif dengan mendirikan innovation hub atau warung inovasi, meningkatkan kualitas dan kapasitas pengusaha nasional lewat vocational traning, mengembangkan kewirasusahaan sosial, dan akselarasi transformasi masyarakat 5.0.

Dari sisi internal organisasi dan regulasi, Arsjad ingin menjadikan Kadin sebagai wadah komunikasi dan konsultasi antarpengusaha serta antarpengusaha dengan pemerintah. Selain itu dia ingin mengakselerasi UU Cipta Kerja, memaksimalkan UU Kadin serta mendorong kemudahan pengajuan izin dan pendanaan.

Lebak

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Sabtu (8/5), Arsjad mengatakan, wilayah tersebut sangat berpotensi menjadi kawasan sentra ekonomi daerah. "Kami yakin Lebak bisa menjadi pengembangan kawasan ekonomi," ujar dia.

Hal itu diungkapkan Arsjad setelah melihat langsung potensi sumber daya alam (SDA) Kabupaten Lebak ke lapangan bersama Kadin Provinsi Banten.

Arsjad mengatakan, potensi SDA itu bisa dikembangkan sehingga Lebak menjadi kawasan ekonomi baru. "Kabupaten Lebak bagian barat didorong untuk menjadi kawasan ekonomi, seperti salah satu daerah di Jawa Tengah yang terdapat sentra ekonomi baru," kata dia.

Oleh karena itu, perlu ada insentif khusus untuk pengembangan kawasan sentra ekonomi baru di Banten. "Pemerintah harus membuat sentra ekonomi daerah dan diwujudkan menjadi kawasan ekonomi," tegas Arsjad.

Menurut dia, pelaku usaha yakni Kadin pusat dan Kadin daerah harus menjalin kerja sama untuk mengembangkan sentra ekonomi. "Kita harus bermitra dengan pemerintah untuk membangkitkan pergerakan ekonomi daerah itu," kata dia.

Arsjad mengungkapkan, salah satu potensi di Kabupaten Lebak yang bisa dikembangkan di antaranya kawasan kelautan yang dapat menjadi industri perikanan, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. "Kami melihat potensi SDA Banten luar biasa, baik sektor perikanan. Selai itu, Banten memiliki pertambangan dan sumber emas," tutur dia.

Jika menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026, Arsjad akan membuat Kadin lebih inklusif dan kolaboratif membangun kerja sama antara pengusaha dan pemerintah, pengusaha dengan pengusaha serta pengusaha besar dan pengusaha kecil. Oleh karena itu, Kadin terus berjuang di tengah pandemi Covid-19 untuk membangkitkan ekonomi nasional hingga ke sejumlah daerah.

Saat ini, kata dia, hampir semua sektor usaha terdampak Covid-19, baik perusahaan skala besar, menengah, hingga UMKM. Padahal, UMKM merupakan fondasi ekonomi Indonesia, sehingga perlu dikembangkan terutama di masa pandemi.

"Kami tentunya ingin membangun Kadin secara inklusif dan kolaboratif sebagai rumah kita bersama. Jika rumah itu tumbuh secara inklusif, kita rangkul setiap pengusaha besar maupun pengusaha kecil hingga ke pelosok daerah," pungkas dia.

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN