Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gerai Baba Rafi di India.

Gerai Baba Rafi di India.

Baba Rafi Lebarkan Sayap ke India

Senin, 14 Desember 2020 | 17:39 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Waralaba kebab nasional, Baba Rafi, melebarkan sayap ke pasar internasional, dengan membuka gerai di India, setelah sebelumnya membuka gerai di sembilan negara. Perusahaan yang dirintis oleh Hendy Setiono ini menggandeng salah satu perusahaan India sebagai pemegang lisensi waralaba.

“Meskipun sempat tertunda cukup lama karena pandemi Covid-19, kami kami masih diberi kepercayaan dan kesempatan untuk melebarkan sayap dan menambah gerai internasional kami di India. Kami berharap ini bisa menjadi hal yang positif dan menjadi kesempatan yang baru bagi kami untuk menjangkau lebih banyak lagi pencinta kebab di seluruh dunia,” ujar Founder dan CEO Baba Rafi Group, Hendy Setiono, Senin (14/12/2020).

Salah satu mitra Baba Rafi di Indaia, Suman Mondal, berencana membuka outlet hingga mencapai 100 unit. “Kami juga berharap dapat membawa Baba Rafi menjadi merek kebab terbesar di India dengan membuka lebih banyak gerai tidak hanya di kota-kota besar di India, tapi kota-kota berkembang di sekitar,” kata Suman.

Hendy menegaskan, India merupakan negara dengan populasi nomor dua di dunia dan dinilai merupakan pasar sangat besar bisnis makanan. Selain itu, karakteristik demografi masyarakat India hampir sama dengan masyarakat Indonesia. Hal inilah yang membuat Baba Rafi Group yakin, produk Baba Rafi dapat diterima di India dan bisnis Baba Rafi dapat berkembang pesat di negara itu.

Menurut Hendy, perbedaan selera masyarakat lokal selalu menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis kuliner yang berekspansi luar negeri. Namun, hal ini dapat diatasi dengan baik oleh Baba Rafi Group.

“Salah satunya dengan mengganti bahan baku utama dengan daging ayam dan daging kambing. Saus dan bumbu yang digunakan juga disesuaikan dengan lidah masyarakat setempat tanpa menghilangkan cita rasa dan karakter khas kebab Baba Rafi,” tegas dia.

Salah satu menu yang diunggulkan dan menjadi signature di India, kata dia, adalah kebab dengan tortilla hitam, atau yang biasa disebut dengan black kebab. Menu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat India. Selain warna yang unik, banyak manfaat charcoal, salah satu bahan dalam pembuatan black kebab.

Kebab Turki Baba Rafi dirintis oleh Hendy Setiono pada 2003 di Surabaya, yang saat itu hanya berupa gerobak dorong biasa. Seiring berjalannya waktu, pada tahun ke-17, Baba Rafi telah memiliki 1.300 gerai di 10 negara, termasuk Indonesia.

Gerai pertama Baba Rafi di India dibuka 4 Desember 2020. Lokasi pertama yang dipilih adalah di kota Kolkata dan akan mengusung merek Container Kebab by Baba Rafi sebagai salah satu sub-brand Baba Rafi Group.
 

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN