Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas PLN mengecek kondisi kelistrikan di jakarta. Foto: dok. PLN

Petugas PLN mengecek kondisi kelistrikan di jakarta. Foto: dok. PLN

Banjir Jabodetabek Mulai Surut, 85% Gardu Distribusi Dinyalakan

Jumat, 3 Januari 2020 | 09:15 WIB
Rangga Prakoso (rangga.prakoso@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PLN telah menyalakan 85% gardu distribusi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Hal ini seiring dengan surutnya banjir di sejumlah wilayah tersebut. Perusahaan setrum plat merah itu sejak awal tahun baru memadamkan listrik sementara di area banjir demi keselamatan warga.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, normalisasi pasokan listrik setelah pihaknya memastikan gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan aman.

PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir.

PLN akan menyalakan aliran listrik setelah penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman.

"Kami berusaha semaksimal mungkin, lebih dari 3.200 personil kita turunkan untuk inspeksi. Daerah yang memang sudah diidentifikasi aman dan sudah mendapat persetujuan dari kepala lingkungan pasti kami nyalakan," kata Made dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (3/1)

Made menuturkan hingga pukul 07.00 WIB, total 5.740 gardu distribusi terdampak banjir di Jabodetabek. Dari total gardu terdampak, PLN telah menyalakan sebanyak 4.864 atau sekitar 85%.

Sebanyak 876 gardu distribusi masih dipadamkan sementara demi keamanan warga. Wilayah yang masih banyak mengalami pemadaman di Jabodetabek yaitu Cengkareng, Bandengan, Kebun Jeruk, Jasinga, Nanggung, Cibitung, dan Wanasari. Sementara wilayah lainnya sebagian besar telah menyala.

Sedangkan untuk wilayah Banten, dari 598 gardu distribusi yang terdampak banjir, sebanyak 480 gardu distribusi atau 80% telah menyala dan 118 gardu distribusi masih dipadamkan sementara.

"Banten Selatan menjadi daerah yang masih banyak mengalami pemadaman sementara karena wilayahnya masih banyak tergenang air. Sementara untuk wilayah lainnya seperti Serpong, Cikokol, dan Teluk Naga sebagian besar telah menyala," tuturnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN