Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Haru Koesmahargyo.

Haru Koesmahargyo.

Bank Indonesia Masih Punya Ruang Turunkan Bunga Acuan

Rabu, 19 Agustus 2020 | 13:01 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Bank Indonesia (BI) dinilai masih memiliki ruang untuk menurunkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (7DRRR), meskipun saat ini suku bunga acuan BI sudah berada di posisi rendah yakni 4%.

"Dengan kondisi perlambatan ekonomi sekarang ini dan masih akan melambat, maka menurut saya masih ada kemungkinan ruang penurunan suku bunga acuan," kata Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Haru Koesmahargyo dalam konferensi pers virtual, Rabu (19/8/2020).

Haru mengungkapkan, terdapatnya ruang penurunan bunga acuan tersebut karena cadangan devisa Indonesia yang dinilai masih memadai apabila nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali melonjak. "Walau ada challenge rupiah yang melemah, hari ini rupiah sudah Rp 14.900 per dolar AS, tapi cadangan devisa Indonesia masih cukup untuk mengatasi ini," tutur Haru.

Meski demikian, Haru tidak menyebut berapa angka potensi penurunan suku bunga acuan BI tersebut. Sementara itu, Bank Indonesia akan mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Agustus pada siang ini.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN