Menu
Sign in
@ Contact
Search
Duta Besar RI untuk Bulgaria merangkap Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogananta (tengah) saat bertemu budayawan asal Flores Elisabet Yani Tararubi (kanan).

Duta Besar RI untuk Bulgaria merangkap Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogananta (tengah) saat bertemu budayawan asal Flores Elisabet Yani Tararubi (kanan).

Bertemu Budayawan Asal Flores, Dubes RI untuk Bulgaria Bawa Investor ke Labuan Bajo

Minggu, 13 Nov 2022 | 12:26 WIB
Aditya Laksmana Yudha (redaksi@investor.id)

Jakarta, Investor.id – Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Makedonia Utara dan Albania Iwan Bogananta belum lama ini ke Jakarta untuk menghadiri Indodefence Expo 2022. Dalam kunjungannya ke Tanah Air tersebut, Dubes Iwan juga membawa calon investor yang berkeinginan untuk berinvestasi di Labuan Bajo, NTT. Dalam kaitan tersebut, keduanya berkesempatan bertemua budayawan asal Flores Elisabet Yani Tararubi.

Elisabet yang akrab disapa Kak Lis sudah mengunjungi beberapa negara dengan membawa misi memperkenalkan budaya dan wisata Flores kepada dunia. “Menurut saya Kak Lis patut mendapatkan gelar sebagai Duta Besar Budaya,” ujar Dubes Iwan belum lama ini.

Kak Lis menuturkan, selain kekayaan alam berupa komodo dan hamparan pulau di Semenanjung Flores, dia juga berkeinginan memperkenalkan budaya, rempah, dan kuliner asal Flores di kancah internasional.

Kegiatan di Labuan Bajo yang rutin dilakukan pemilik Dapur Tara Flores adalah menjaga kelestarian alam di Flores. Kak Lis sering mengajak para wisatawan untuk merasakan daya tarik alam yang ada di Labuan Bajo seperti menikmati buah-buahan dan makanan alami.

Advertisement

Selain itu Kak Lis juga membuka "sekolah barter” untuk masyakarat lokal dengan mendirikan sekolah bertaraf internasional. Masyarakat lokal tidak perlu membayar dengan uang tunai, tetapi cukup membawa hasil alam seperti sayur, buah buahan, atau binatang ternak sesuai kemampuan.

“Tujuan dari sekolah barter ini adalah untuk mencerdaskan masyarakat lokal pedalaman, kami ajarkan mereka pengetahuan umum dengan skala internasional dan bahasa asing" ujarnya.

Dubes Iwan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kak Lis yang giat memperkenalkan Flores dan Labuan Bajo. Kepada Ivan Dobrinov Ivanov, pengusaha asal Bulgaria yg berkeinginan membangun hotel dan resor di Labuan Bajo, Kak Lis menitip pesan agar tetap menjaga keseimbangan baik dalam menjaga kelestarian alam, lingkungan, dan sumber daya manusia.

Melalui Kak Lis, Dubes Iwan akan mempromosikan Labuan Bajo melalui Bulgaria kepada masyarakat Eropa. “Rencananya pada tahun 2023 kami akan kami mengajak untuk berpartisipasi dalam acara Indonesian Art and Culture Festival di Bulgaria dengan mengusung tema ‘the Five Sense’," ujar Iwan.

Editor : Aditya L Djono (adityalaksmanayudha@gmail.com)

Sumber : Press Release

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com