Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, Kamis, 23 September 2021.

Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, Kamis, 23 September 2021.

BI Dukung Pengembangan UMKM Melalui Klasterisasi 

Kamis, 23 September 2021 | 23:24 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id  – Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Upaya yang dilakukan antara lain melalui klasterisasi atau pembentukan kelompok-kelompok UMKM. 

“BI selalu memberikan komitmen untuk memajukan UMKM kita menjadi daya dukung ekonomi Indonesia. Di kantor pusat dan 46 kantor-kantor di Indonesia serta melalui lima kantor perwakilan di luar negeri untuk terus bersinergi, berkolaborasi dengan pemerintahan dan berbagai pihak untuk memajukan UMKM kita. Tentu saja melalui klasterisasi, pembentukan kelompok-kelompok untuk terus kita tingkatkan kapasitasnya, produksinya, kemampuan keuangannya dan pemasarannya,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, Kamis (23/9/2021).

Perry menambahkan, BI juga terus mendorong digitalisasi UMKM, salah satunya digitalisasi sistem pembayaran melalui penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Hingga pertengahan September 2021, pengguna QRIS sudah mencapai 10,4 juta merchant atau pedagang, di mana sebagian besarnya adalah UMKM.

“QRIS terus kami perluas untuk pelaku-pelaku UMKM dan jasa pariwisata. 10,4 juta merchant yang sebagian UMKM sudah kami sambungkan dan juga platform-platform digital apakah itu fintech, digital banking, maupun ecommerce,” kata Perry.

Perry juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam memajukan UMKM di Indonesia. Karenanya,  pelaksanaan puncak rangkaian kegiatan KKI 2021 yang digelar 23-26 September 2021 juga mengangkat tema “Sinergi, Globalisasi, Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata”.

“Kita harus bergotong royong, bersatu padu untuk memajukan UMKM kita dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi. Bersinergi, bersama, bergotong royong untuk Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh, menuju Indonesia maju,” tegas Perry.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN