Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

BI Perkirakan Ekonomi 2019 Tumbuh 5,1%

Kamis, 21 November 2019 | 21:04 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id - Bank Indonesia (BI) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi domestik pada 2019 mencapai 5,1% dengan mesin pendorong utama masih berasal dari konsusmi rumah tangga. Apalagi peningakatan konsumsi terjadi pada berbagai kelompok masyarakat.

"Perekonomian Indonesia tetap berdaya tahan meski melambat. Pertumbuhan ekonomi diperkirakan membaik pada triwulan IV-2019 sesuai pola musimannya, sejalan dengan ekspansi kebijakan fiskal, sehingga secara keseluruhan 2019 dapat mencapai sekitar 5,1%," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan BI di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (21/11).

Peningkatan konsumsi masyarkat berasal dari kelompok masyarakat berpendapatan rendah, karena faktor penyaluran bantuan sosial (Bansos) yang dilakukan pemerintah dengan indikator penjualan riil yang meningkat.

Kemudian, kelompok masyarakat berpendapatan menengah juga terus bertambah dengan pendapatan US$ 3 miliar hingga US$ 8,4 miliar dolar perhari. Porsi ini semakin besar bahkan secara keseluruhan menuju 61,5% dari total penduduk.

Perry menambahkan, konsumsi rumah tangga juga ditopang oleh inflasi yang terkendali rendah sehingga meningkatkan daya beli masyarakat. “Terjaganya inflasi didorong oleh koordinasi yang erat antara  BI bersama Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID),” pungkas Perry.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN