Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

PROSPEK EKONOMI MEMBAIK

BI Yakinkan Investor untuk Berinvestasi di Indonesia

Triyan Pangastuti, Jumat, 31 Januari 2020 | 14:10 WIB

JAKARTA, investor.id - Bank Indonesia (BI) meyakini, kondisi perekonomian Indonesia saat ini mendukung investor untuk melakukan investasi. Ini didasarkan pada prospek ekonomi dalam negeri yang semakin baik.
 
Gubernur Bank Indonesia Perry warjiyo mengatakan, salah satu kunci dalam memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia adalah bauran kebijakan yang telah dan akan terus dilakukan otoritas-otoritas terkait, termasuk Bank Indonesia. 

"Di tengah pelemahan ekonomi global yang masih berlanjut, bauran kebijakan Bank Indonesia yang akomodatif akan dilanjutkan pada tahun 2020 ini," ujar Perry dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/1).

Selain itu, BI juga akan menggunakan seluruh instrumen bauran kebijakan yang dimiliki untuk mendukung momentum pertumbuhan ekonomi. Suku bunga kebijakan moneter diturunkan, likuiditas dikendurkan, dan stabilisasi nilai tukar rupiah dilakukan.  

BI pun akan melanjutkan  pelonggaran kebijakan makroprudensial. Hal ini untuk mendukung bauran kebijakan moneter dan makroprudensial akomodatif ini ditujukan untuk meningkatkan intermediasi perbankan dan pembiayaan ekonomi lainnya dari sisi penawaran maupun permintaan. 

"Kebijakan akomodatif juga terus ditempuh di bidang sistem pembayaran yang difokuskan pada penguatan instrumen dan infrastruktur publik berbasis digital, termasuk implementasi QR Code Indonesian Standard (QRIS)," papar dia.

Kebijakan terkait pendalaman pasar keuangan, dan pengembangan ekonomi keuangan syariah juga terus dilakukan untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

Di samping itu, Perry menyebut berbagai prospek perbaikan ekonomi dalam negeri semakin kuat yang tercermin dari  stabilitas ekonomi nasional terjaga dan momentum pertumbuhan berlanjut di tengah ketidakpastian ekonomi global.

" Indonesia mampu menjadi salah satu performer terbaik di Asia dalam mempertahankan stabilitas ekonomi selama tahun 2019," pungkas dia.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN