Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petani di kebun sawit. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Petani di kebun sawit. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

BPDPKS Salurkan Dana untuk Peningkatan Kualitas SDM Sawit

Minggu, 31 Mei 2020 | 17:32 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id – Untuk mewujudkan komitmen terhadap sawit berkelanjutan, Pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) telah mengucurkan tambahan dana Rp2,78 triliun bagi pengembangan di sektor hulu yang mencakup peremajaan, sarana dan prasarana, serta pembinaan sumber daya manusia (SDM) di sektor sawit.

Direktur Utama BPDPKS Eddy Abdurrahman dalam keterangannya, Jumat (29/5/2020), mengatakan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian SDM yang bekerja di sektor sawit, telah menyalurkan dana untuk pelatihan sejumlah 4.529 petani serta 3.300 masyarakat umum yaitu pengurus koperasi petani sawit, guru dan siswa sekolah kejuruan pertanian sawit.

Selain itu, BPDPKS juga memberikan beasiswa kepada 1.950 mahasiswa D1 atau setara, D3 dan D4 yang menjalani pendidikan vokasional pada AKPY – STIPER (Yogyakarta), Politeknik LPP Yogyakarta, Politeknik Citra Widya Edukasi (Bekasi), Politeknik Kampar (Kampar-Riau), dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (Medan).

Dengan berbekal pengetahuan yang didapat, mahasiswa penerima beasiswa tersebut saat ini telah bekerja pada berbagai sektor industri sawit termasuk menjadi tenaga pendamping yang handal bagi para petani sawit yang mengikuti program peremajaan sawit rakyat di sejumlah daerah.

Riset Bidang Sawit

Program yang dilakukan dengan bekerjasama dengan berbagai lembaga penelitian dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia, saat ini telah melaksanakan riset yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas petani, perekayasaan alat/mesin pasca panen, perluasan penggunaan produk sawit di berbagai bidang kehidupan serta keberlanjutan industri sawit nasional.

Beberapa hasil riset tersebut akan segera dikembangkan pada skala industri diantaranya terkait dengan penggunaan produk sawit untuk produksi bahan bakar bakar nabati, eksplorasi minyak bumi, pakan ternak, alat perlindungan diri seperti helm dan peningkatan ketahanan pohon sawit di daerah kering.

Ke depannya, BPDPKS akan terus meningkatkan kualitas kerjasama dengan pihak agar kegiatan riset ini ini tidak berakhir pada pembuatan laporan saja, namun dapat dimanfaatkan baik oleh petani sawit, kalangan industri dan pemerintah. (gr)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN