Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Lahan Gambut. Foto ilustrasi: IST

Lahan Gambut. Foto ilustrasi: IST

BRG-SinarMas Agribusiness and Food Kolaborasi Cegah Karhutla

Selasa, 22 September 2020 | 12:15 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Mendukung masyarakat dan pemuka agama dalam mendidik komunitasnya tentang pencegahan kebakaran di lahan gambut adalah prioritas utama dari kolaborasi antara Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Sinar Mas Agribusiness and Food.

Program Desa Peduli Gambut (DPG) merupakan rangkaian kegiatan pendidikan dan peningkatan kapasitas yang menyasar para tokoh masyarakat. Acara Lokalatih Da’i Masjid Peduli Gambut baru baru ini diadakan di Riau, Jambi dan Kalimantan Barat secara online serta melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat serta tokoh lingkungan hidup dan perubahan iklim dari Universitas Nasional.

Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG Myrna Safitri mengatakan melalui program DPG ini, pihaknya berupaya agar kebakaran tidak terjadi lagi di lahan gambut. Program ini telah berhasil diimplementasikan di area lain di Indonesia.

Kerjasama dengan SinarMas Agribusiness and Food sangat membantu percepatan program DPG sehingga bisa dijangkau masyarakat lebih luas dan memberikan dampak positif lebih besar.

Para Da’i memberikan pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat dan memainkan peran penting dalam mengkomunikasikan pengelolaan gambut yang bertanggung jawab, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para Da’i Peduli Gambut terkait restorasi gambut dan pembangunan masjid ramah lingkungan.

“Program DPG-BRG ini merupakan kerangka harmonisasi untuk berbagai program pembangunan yang ada di pedesaan lahan gambut khususnya di dalam dan sekitar kawasan restorasi gambut, pendekatan ini digunakan untuk menjalin kerjasama antar desa yang ada dalam satu lanskap gambut secara keseluruhan,” ujar dia kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (22/9).

Kerjasama Sinar Mas Agribusiness and Food dan BRG akan berlangsung hingga akhir tahun 2020, selain meningkatkan kesiapan masyarakat desa dalam menghadapi kebakaran gambut dan  meningkatkan pengetahuan masyarakat setempat tentang pengelolaan lahan gambut, kolaborasi ini juga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Managing Director Sustainability Sinar Mas Agribusiness and Food Agus Purnomo mengatakan pihaknya menyambut baik kerjasama ini dan sudah menyadari bahwa upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan gambut memerlukan kolaborasi multisektoral.

Pengalaman perusahaan adalah melalui program Desa Makmur Peduli Api serta upaya rehabilitasi gambut selama beberapa tahun terakhir sekaligus bekerjasama dengan BRG melalui Program Desa Peduli Gambut.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN